Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Mei 2019 08:20 WIB

TRAVEL NEWS

Banyuwangi Bikin Wisata Buka Puasa di Tepi Pantai Berlatar Selat Bali

Ardian Fanani
detikTravel
Villa Solong Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)
Villa Solong Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Banyuwangi membuat acara menarik untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini. Salah satunya, dengan membuat wisata berbuka puasa dengan latar selat Bali.

Memasuki bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, Banyuwangi meluncurkan paket wisata buka puasa di tepi pantai berlatar Selat Bali yang menjanjikan pemandangan sunset yang indah. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah, makanan enak, hingga salat magrib sampai tarawih berjamaah.

"Kami memang meminta para pelaku wisata untuk bikin paket wisata yang berbeda saat Ramadhan ini, salah satunya adalah wisata buka bersama di pinggir pantai. Pasti asyik karena pas sunset, pemandangannya indah, berpadu dengan suara deburan ombak," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada detikcom, Senin (6/5/2019).

Hal ini tentu menjadi tempat wisata di Banyuwangi yang baru. Anas mencontohkan yang disiapkan oleh Villa Solong. Dengan lanskap villa yang hijau dengan pohon-pohon kelapa menjulang tinggi, buka bersama digelar lesehan langsung menghadap Selat Bali. Di lokasi itu pula, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, dan istri para menteri Kabinet Kerja beberapa waktu lalu menikmati santap siang.

Selain di tempat tersebut, sejumlah hotel dan resor yang berada di pinggir pantai juga menyediakan paket wisata berbuka puasa serupa, dengan keunggulan pemandangan di masing-masing lokasi serta menu kuliner yang ditampilkan.

"Bisa memilih menu khas Banyuwangi seperti nasi tempong, pecel pitik, ayam kesrut. Bisa pula memilih menu western," papar Anas.

Banyuwangi Bikin Wisata Buka Puasa di Tepi Pantai Berlatar Selat BaliSuasana di Vila Solong (Ardian Fanani/detikcom)


"Sebagai makanan pembuka, ada jajanan tradisional seperti ketan kirip, kucur, dan pisang goreng. Minumnya tentu saja kelapa muda segar yang baru dipetik langsung dari pohonnya," imbuh Anas.

Untuk membantu promosi wisata buka puasa tersebut, Anas ikut menggunggah video blog di akun Instagram-nya. Dalam videonya, Anas mengatakan, pengunjung yang datang tidak perlu khawatir untuk menunaikan ibadah salat maghrib dan tarawih. Karena telah disediakan fasilitas salat di sana.

"Bisa berjamaah bersama-sama keluarga, atau memilih tempat yang diinginkan. Berjamaah langsung di hamparan landsekap hijau di tepi pantai," imbuh Anas.

Anas menambahkan, paket wisata berbuka puasa di tepi pantai itu memang didesain untuk wisatawan domestik. Saat bulan puasa, kunjungan wisatawan memang cenderung menurun. Paket wisata itu bisa menarik perhatian.

"Termasuk nanti itu bisa dinikmati para pemudik. Mereka yang mudik ke Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember, ayo mampir sejenak menikmati wisata buka bersama di tepi pantai ini. Demikian pula para pemudik dari Bali yang akan menuju ke berbagai daerah di Pulau Jawa, bisa mampir semalam menikmati paket wisata ini," ujar Anas.

"Sebelum berbuka puasa, wisatawan dan masyarakat bisa terlebih dahulu berwisata City Tour di sekitar Kota Banyuwangi, seperti menikmati taman kota, pendopo dengan arsitektur hijau, maupun ikon kota lainnya," pungkas Anas.



Simak Juga 'Yuk! Berburu Kuliner di Festival Ramadan Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]

(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA