Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Mei 2019 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kini, Paspor Asal Timur Tengah yang Paling Kuat di Dunia

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi Dubai (iStock) (iStock)
Foto: Ilustrasi Dubai (iStock) (iStock)
Jakarta - Bukan Eropa, Asia atau Amerika yang punya akses bebas ke berbagai negara di dunia. Kini, juaranya negara asal Timur Tengah.

Seperti dilihat detikTravel dari web resmi Global Passport Index, Kamis (9/5/2019) posisi pertama dari 'Global Passport Power Rank 2019' diduduki oleh Uni Emirat Arab. Yakni sebuah negara federasi yang terdiri dari 7 emirat dengan kekayaan minyak bumi.

Sejumlah wilayah yang tergabung dalam Uni Emirat Arab antara lain Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain. Memang sih, negara-negara UEA terkenal dengan gelimang harta dan fasilitas serba mewah.

Paspor UEA tercatat memiliki peningkatan yang cukup signifikan dari tahun 2015. Mulai dari 122 akses (2015-2016), 132 akses tahun 2017 dan melonjak tinggi dari tahun 2017 ke 2018 dengan akses 168 negara di tahun 2018, padahal sebelumnya hanya memiliki akses ke 132 negara. Kemudian meningkat 3 lagi ke angka 171 akses.

Posisi UEA mengalahkan sejumlah negara di Eropa, Asia, Amerika bahkan Oseania. Di posisi ke-2, terdapat 4 negara dengan perolehan yang sama. Yakni Luxembourg, Finlandia, Jerman dan Spanyol.

BACA JUGA: Dibuka untuk Umum, Ini Mewahnya Istana Kepresidenan Abu Dhabi

Posisi ke-3, diduduki oleh sejumlah negara Uni Eropa. Seperti Denmark, Swedia, Italia, Singapura, Belanda, Austria, Portugal, Swiss, Korea Selatan dan Irlandia.

Sebuah posisi dapat diisi oleh lebih dari 1 negara. Hal ini, karena perhitungan akses atau kemudahan paspor memasuki negara lain dengan kemudahan dan cara lainnya.

Keunggulan paspor UEA, sebagai yang terkuat versi Global Passport Index memudahkan warganya untuk bepergian ke luar negeri. Tercatat, pemegang paspor Uni Emirat Arab mendapatkan akses ke 116 negara bebas visa, 55 negara Visa on Arrival dan kewajiban registrasi visa ke 27 negara dengan total akses ke 171 negara.

Namun, penilaian ini memiliki perbedaan dengan Henley Passport Index. Penilaian dari Henley Passport Index didasari data oleh International Air Transport Association (IATA), yang mana juga diakui oleh dunia memposisikan Jepang sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia dengan akses ke 190 negara. Sedangkan di posisi ke 2 dimiliki oleh Singapura dan Korea Selatan denganakses 189 negara.

Berikut selengkapnya, 10 posisi pertama paspor terkuat di dunia versi Passport Index:

1. Uni Emirat Arab
2. Luxembourg, Finlandia, Jerman, Spanyol
3. Denmark, Swedia, Italia, Singapura, Belanda, Austria, Portugal, Swiss, Korea Selatan, Irlandia
4. Prancis, Belgia, Yunani, Malta, Norwegia, Jepang dan Amerika Serikat
5. Lithuania, Islandia, Britania Raya, Kanada
6. Republik Ceko, Hungaria, Slovenia, Selandia Baru
7. Latvia, Estonia, Polandia, Slovakia, Australia
8. Cyprus
9. Malaysia, Romania
10. Korasia, Bulgaria dan Monako (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Potret Danau Terjernih di Dunia

Selasa, 25 Jun 2019 16:45 WIB

Danau di Selandia Baru ini tak hanya cantik, namun juga berair jernih. Dengan mata telanjang, pandangan kita bisa melihat sampai berpuluh meter ke dasar danau.