Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Mei 2019 11:40 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Sampah di Tempat Wisata, KLHK Pantau Taman Nasional & Ajak Pemda

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi kegiatan bersih sampah di Ijen (Ardian Fanani/detikcom)
Ilustrasi kegiatan bersih sampah di Ijen (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta - Menangani sampah sejatinya jadi kewajiban semua pihak. Soal itu KLHK siap memantau Taman Nasional dan ajak Pemda setempat.

Sebagai kementerian yang ditunjuk, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK juga memiliki divisi khusus untuk menangani sampah dan limbahnya. Berada di bawah naungan KLHK, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) pun kian aktif mengajak masyarakat untuk peduli akan sampah.

Selaku Dirjen PSLB3, Rosa Vivien Ratnawati menjanjikan bahwa pihaknya akan dan selalu memantau sampah yang berada di dalam wilayahnya. Di mana dalam hal ini adalah taman nasional yang berada di bawah KLHK.

"Jadi seperti yang lalu pada saat Hari Peduli Sampah Nasional, ada 97 kawasan konservasi yang serentak melakukan kegiatan bersih-bersih," ujar Rosa di KLHK, Jakarta, Jumat kemarin (10/5).

Soal Sampah di Tempat Wisata, KLHK Pantau Taman Nasional & Ajak PemdaFoto: (Randy/detikcom)
Di luar taman nasional, Rosa pun mengajak semua pihak terkait untuk ikut serta. Contohnya seperti Pemerintah Daerah untuk membantu menangani sampah di tempat wisata yang jadi daerahnya.

"Betul, untuk area wisata nanti kami imbau melalui pemerintah daerah sekaligus," ujar Rosa.

Momen Ramadhan yang akan tiba bulan depan pun juga dimanfaatkan oleh KLHK untuk sosialisasi program Ramadhan Bersih Sampah di tempat-tempat umum.

"Selanjutnya kita akan melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangkaian Ramadhan Bersih Sampah, yaitu kita pergi ke sekolah-sekolah juga ke pasar modern dan rest area," tutup Rosa. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED