Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Mei 2019 09:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ngabuburit di Banda Aceh, Yuk ke CFD Ujung Landasan Sambil Lihat Pesawat

Agus Setyadi
detikTravel
Foto: Ilustrasi Bandar Udara Sultan Iskandar Muda (dok AP II)
Foto: Ilustrasi Bandar Udara Sultan Iskandar Muda (dok AP II)
Banda Aceh - Sore hari selama Ramadhan kerap dimanfaatkan untuk ngabuburit. Lokasi favorit masyarakat Aceh adalah ujung landasan 35 Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Setiap sore, di Jalan Blang Bintang-Krueng Raya, Aceh Besar atau di ujung landasan 35 ramai dikunjungi warga. Mereka kongkow bersama keluarga atau teman di depan tulisan Sultan Iskandar Muda Air Force Base.

Lokasi ini juga terletak di depan kompleks Lanud Sultan Iskandar Muda. Untuk memanjakan warga yang berekreasi selama puasa, Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief berinisiatif mengadakan Car Free Day (CFD) Ramadhan Ceria di sana.

Ngabuburit di Banda Aceh, Yuk ke CFD Ujung Landasan Sambil Lihat PesawatFoto: Istimewa


Kegiatan CFD ini digelar setiap Sabtu-Minggu mulai pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB selama Ramadhan. Masyarakat di sana bebas untuk berolahraga, bermain, menikmati udara segar dan melongok pesawat mendarat atau pun take off.

"Ini disebut CFD Ramadhan Ceria, karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, sehingga pelaksanaannya sore hari hingga menjelang berbuka puasa," kata Hendro kepada wartawan, Sabtu (11/5/2019).

"Kita tahu bahwa banyak manfaat yang didapat dengan berolahraga, ya meskipun dalam kondisi berpuasa namun tubuh tetap membutuhkan gerak, sehingga event CFD ini diadakan untuk kita dari kita dan oleh kita," jelas Hendro.

Untuk menggelar CFD, Lanud Sultan Iskandar Muda telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait serta mengajak pemuda-pemudi, tokoh masyarakat setempat untuk ambil bagian dalam acara yang pertama kali diadakan tersebut.

Menurut Hendro, selama CFD berlangsung, disepanjang jalan masyarakat diperbolehkan membuka lapak dagangannya untuk menumbuhkan perekonomian warga setempat. Namun pedagang diingatkan agar tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Sambil menunggu waktu berbuka, berkumpul bersama, menikmati take off dan landingnya pesawat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda mari kita ramaikan event ini," ajak Hendro.
Yuk kita ke sana sore nanti!
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED