Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Mei 2019 21:16 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Ramadhan, Batam Tawarkan Destinasi & Atraksi Wisata Menarik

Raras Prawitaningrum
detikTravel
Foto: Dok. Kemenpar
Foto: Dok. Kemenpar
Jakarta - Jika ada rencana liburan selama bulan Ramadhan, pilihlah Batam. Ada banyak atraksi dan destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi. Pada 11-24 Mei, ada dua acara seru yakni Wonderfood Ramadhan Batam di Dataran Madani Batam Center dan Mother Day 2019 di Bay City Harbour Bay.

Tak hanya atraksi wisata, Batam juga punya banyak destinasi wisata yang seru. Mulai dari destinasi wisata alam, budaya, maupun belanja.

"Batam memiliki destinasi alam, budaya, dan manmade yang luar biasa. Semua memberikan experience berbeda bagi pengunjungnya. Bagi pengunjung Wonderfood dan peserta Mother Day asal Singapura, bisa mengeksplorasi destinasi lainnya," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani dalam keterangan tertulis, Minggu (12/5/2019).

Jika ingin mengeksplorasi keindahan alam Batam, cobalah ke Pulau Ranoh. Pasir pantainya bersih, airnya jernih, dan penuh dengan koral warna-warni yang indah. Mampir juga ke Pantai Tanjung Pinggir, Sekupang, karena ada banyak spot foto lengkap dengan rumah Hobbit.

"Wisata bahari menjadi daya tarik destinasi Batam. Pantainya sangat indah dan khas. Pilihannya sangat beragam. Lokasinya juga mudah diakses dari Kota Batam. Kunjungan ke destinasi menjadi opsi terbaik untuk memuaskan liburan di Batam," kata Rizki.


Jangan lewatkan keindahan sunset di atas pasir putih yang bisa didapatkan jika traveler ke Pulau Mubut. Lalu eksplorasi keindahan bawah laut di Pulau Abang. Traveler cukup mengeluarkan budget Rp 350 ribu untuk snorkeling sambil menikmati clown fish dan beragam terumbu karang.

"Selain destinasi, Batam juga melengkapinya dengan beragam paket wisata menarik. Langsung saja, silahkan menghubungi TA/TO yang ada di Batam. Ambil paket terbaiknya. Sebab, Batam menawarkan banyak sensasi dari destinasinya," ucap Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar, Dessy Ruhati.

Jika ingin wisata yang memacu adrenalin, datang ke Batam Forest Top dan bersiap bergelantungan di atas pohon. Ada 15 wahana yang bisa dicoba, seperti Tarzan Swing, Post Man, Tandem Rope, hingga Flying Fox. Ada juga Taman Wisata Habibie 1.000 Tangga, Tebing Langit, Bukit Tanjung Uma, Sea Forest Adventure, juga Pancur Telaga Bidadari.

"Batam memang destinasi yang lengkap. Budayanya juga luar biasa. Ada banyak seni dan budaya yang bisa dieksplorasi dari Batam. Apalagi, momentum Ramadhan itu sangat ideal. Ada banyak keseruan yang bisa dijumpai wisatawan," jelas Dessy.

Tak hanya itu, Batam memiliki beragam kesenian. Ada Tari Melemang yang dibawakan 14 penari. Pertunjukan ini dimeriahkan oleh penari yang berperan sebagai raja, permaisuri, putri kerajaan, pemain musik, penyanyi, dan penari. Tarian lainnya yaitu Zapin yang jadi cermin pengaruh kuat budaya Arab.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang mengatakan wisata belanja Batam memikat.

"Dari Wonderfood Ramadhan dan Perayaan Mother Day 2019, wisatawan bisa memanjakan minat wisata belanja. Ada banyak spot yang bisa dikunjungi. Barang yang ditawarkan berkualitas, lalu harganya pun kompetitif. Bagaimanapun, Batam terkenal sebagai destinasi belanja," kata Trindiana.


Bagi yang suka wisata belanja, datanglah ke Nagoya Hill Shopping Mall. Ada beragam ritel, elektronik, hingga restoran yang bisa dijajal. Mampir juga ke Batam City Center Square, Diamond City Mall, Mega Mall Shopping Center, juga Kampung Oleh-Oleh untuk berbelanja.

Usai mengeksplorasi beragam destinasi, dapatkan pengalaman relaksasi seperti spa yang menjadi rekomendasi Nongsa Regatta 2019. Traveler bisa mencoba relaksasi di Majesty Spa & Massage Batam, Eska Wellness Spa Massage and Salon, Spa Tempat Senang, Kalea Spa, Spa Central Batam, Kamaya Spa, Vienna Spa and Massage, Spa Central Batam, dan Spa Tea Tree.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pun angkat bicara soal keragaman destinasi dan atraksi wisata Batam. Ia mengatakan ada banyak cara untuk menikmati eksotisnya Batam

"Kota ini memiliki banyak potensi yang luar biasa. Keramahan masyarakatnya tentu menjadi nilai positifnya. Selain atraksinya, Batam juga ditopang oleh aksesibilitas dan amenitas terbaik. Batam ini terkoneksi langsung ke Singapura dan Malaysia melalui kapal feri. Jadi, pastikan Batam sebagai destinasi utama berlibur," ujarnya. (prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA