Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Mei 2019 04:35 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan ke Kebun Raya Indrokilo di Boyolali, Tiketnya Masih Gratis

Ragil Ajiyanto
detikTravel
Kebun Raya Indrokilo di Boyolali (Ragil/detikcom)
Kebun Raya Indrokilo di Boyolali (Ragil/detikcom)
Boyolali - Masyarakat yang ingin berwisata ke Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB), kini sudah bisa dikunjungi. Bahkan untuk sementara ini masih bebas biaya masuk lho.

"Sejak diresmikan (3 Mei 2019) lalu, Kebun Raya Indrokilo sudah dapat dikunjungi setiap hari, sementara ini mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB," ujar Kasi Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Boyolali, Budi Listiyono, Jumat (17/5/2019) kemarin.

Akses masuk para pengunjung bisa masuk melalui pintu utara atau melalui depan. Di sana juga sudah disediakan lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

(Ragil/detikcom)(Ragil/detikcom)


Sebab, komplek Kebun Raya steril dari kendaraan bermotor. Pengunjung tidak boleh membawa sepeda motor masuk berkeliling Kebun Raya.

"Aturan dari awal sudah ditekankan bahwa Kebun Raya Indrokilo bebas dari kendaraan roda dua atau empat. Bawa sepeda sendiri dari rumah boleh," katanya.

Untuk itu pihaknya menyediakan moda transportasi ramah lingkungan bagi pengunjung berkeliling Kebun Raya seluas 8,9 hektar tersebut. Pihak pengelola menyediakan 60 sepeda onthel, 2 mobil listrik dan skuter listrik atau segway.

(Ragil/detikcom)(Ragil/detikcom)


Kebun Raya Indrokilo Boyolali berlokasi di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo. Untuk menjangkau lokasi ini, dari jalan Raya Solo - Semarang, yang dari arah barat atau Semarang, bisa melewati komplek kantor Pemkab Boyolali. Kemudian masuk ke jalan raya Boyolali - Jatinom. Sesampainya di pertigaan Gerit, lurus ke timur arah Teras, nanti akan ketemu pintu masuk KRIB.

BACA JUGA: Wajah Boyolali yang Instagramable

Sedangkan dari arah Solo, bisa melalui pertigaan Randusari ke kiri ke arah Nepen. Sesampainya di pertigaan Sudimoro, ke barat dan akan ketemu pintu masuk KRIB.

Di KRIB, pengunjung bisa menambah wawasan karena telah disediakan beberapa ruang dengan koleksi tumbuhan yang berciri khas (eco region) Kebun Raya Indrokilo. Yaitu berbagai tanaman hutan hujan dataran rendah Jawa bagian timur.

Sejumlah tanaman khas Boyolali yang sudah mulai langka, yaitu trenggulun. Tidak hanya di Boyolali, tapi semua yang ada di Jawa atau yang ecoregion-nya sama untuk ditanam disini.

(Ragil/detikcom)(Ragil/detikcom)


Tanaman tematik di KRIB, antara lain paku-pakuan, buah-buahan, obat-obatan, dan bambu. Selain itu juga ada patung Mahesa Jenar yang sedang mengeluarkan jurus ajian Sosro Birowo. Patung ini sangat besar dan memiliki tinggi 17 meter. Ada pula air terjun buatan yang dinamakan air terjun Niagara. Juga ada danau kecil dan arena mainan anak serta flying fox.

Lebih lanjut dikatakan Budi Listiyono, KRIB kini terus menambah berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Pembangunan mushola dan toilet untuk pengunjung juga sudah selesai.

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED