Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mei 2019 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Charge Ponsel di Fasilitas Pengisian Baterai Bandara, Amankah?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi tempat pengisian baterai ponsel bandara (Thinkstock)
Ilustrasi tempat pengisian baterai ponsel bandara (Thinkstock)
Jakarta - Tak sedikit traveler yang memanfaatkan tempat pengisian baterai ponsel di bandara saat menunggu penerbangan. Namun, sebenarnya aman atau tidak sih?

Di sejumlah bandara umumnya disediakan tempat pengisian baterai dalam bentuk USB yang bisa dipakai oleh penumpang pesawat secara cuma-cuma. Layanan ini pun begitu memudahkan traveler, khususnya yang tak membawa chargeran.

Sekilas, layanan itu memang begitu nyaman dan membantu traveler. Namun, seorang pakar keamanan cyber dari perusahaan teknologi IBM asal Amerika Serikat bernama Caleb Barlow punya masukan berbeda soal itu.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Kamis (23/5/2019), Barlow mengatakan kalau colokan USB yang banyak ditemui di tempat pengisian baterai ponsel bandara dapat dimanfaatkan untuk kejahatan cyber seperti ia katakan pada media Forbes.

"Mencolok USB di tempat umum diibaratkan seperti menemukan sikat gigi di jalan dan memakainya untuk sikat gigi. Anda tak akan tahu perihal dari mana barang itu," ujar Barlow.

Menurut Barlow, colokan USB untuk mengisi baterai ponsel di bandara bisa saja dimodifikasi oleh penjahat cyber untuk meng-install virus hingga mencuri informasi tanpa sepengetahuan traveler.

Menurut survey dari IBN X-FORCE, bandara telah menjadi area kedua yang paling banyak diincar oleh penjahat cyber tahun 2018 lalu. Peringkatnya meningkat dari urutan ke-10 tahun 2017 lalu.

Hanya saja, traveler tak perlu panik. Ada beberapa cara sederhana untuk mencegah terjadinya kejahatan cyber pada ponsel Anda. Antara lain dengan membawa charger bawaan ponsel hingga power bank milik pribadi. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Liburan Sekolah di Sea World Ancol

Selasa, 25 Jun 2019 06:50 WIB

Di Sea World Ancol, kita bisa liburan sekolah ditemani dengan aneka macam hewan laut. Bahkan kita bisa menyaksikan keseruan pemberian makan di akuarium.