Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Mei 2019 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Pingsan 40 Menit, Pilot di Australia Mendarat Selamat di Tujuan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi pesawat latih Diamond DA40 (iStock)
Ilustrasi pesawat latih Diamond DA40 (iStock)
Adelaide - Sungguh ajaib apa yang dialami pilot di Australia ini. Dia pingsan selama 40 menit, tapi berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat di tujuan.

Seorang pilot yang tidak disebutkan identitasnya selamat setelah mengalami insiden yang nyaris fatal. Dia pingsan saat sedang menerbangkan pesawat latih Diamond DA40 dari Port Agusta menuju ke Parafield di Australia.

Tak tanggung-tanggung, selama 40 menit dia tak sadarkan diri di dalam kokpit pesawat. Beruntung, pesawat Diamond DA40 yang dia kemudikan mendarat dengan selamat di bandara yang dituju.

Dihimpun detikcom, Jumat (24/5/2019), pilot ini diketahui tak sadarkan diri pertama kali oleh petugas menara kontrol ATC Bandara Adelaide. Dia tidak menjawab setelah dikontak berkali-kali oleh petugas ATC.



Dari laporan pesawat lain yang berada di wilayah udara yang sama dengan pesawat Diamond DA40 itu, baru diketahui kalau pilot yang mengemudikan pesawat itu pingsan. Pesawat itu pun ditugaskan untuk mengawasi pesawat yang pilotnya pingsan tadi.

Setelah beberapa saat, akhirnya sang pilot pun mulai sadar. Petugas ATC pun berhasil membuat kontak dan memandu pilot ini mendarat dengan selamat di Bandara Parafield.

Usut punya usut, ternyata pilot yang pingsan ini tidak sarapan sebelum terbang. Mungkin karena kelaparan, dia jadi pingsan ketika sedang mengudara.

Beruntung sistem autopilot pesawat itu aktif dan bekerja dengan baik sehingga pilot ini selamat dari kejadian yang tidak diinginkan. Ada-ada saja!

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA