Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Mei 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Lebaran, Walkot Yogya Imbau Pelaku Wisata Tak Aji Mumpung

Usman Hadi
detikTravel
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti (Usman Hadi /detikcom)
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti (Usman Hadi /detikcom)
Yogyakarta - Wali Kota Yogyakarta himbau pelaku wisata tidak main harga selama Lebaran. Ini demi citra pariwisata Yogyakarta di mata masyarakat.

Wali Kota (Walkot) Yogyakarta, Haryadi Suyuti, meminta para pelaku wisata tidak aji mumpung dengan memanfaatkan momen libur Lebaran untuk menaikkan harga sesukanya alias 'nuthuk'. Pemkot Yogya tidak mentolerir praktik tersebut.

"Saya mohon semua pihak tidak aji mumpung, terutama aji mumpung dalam hal harga bahan pokok jangan dinaik-naikkan tanpa alasan yang cukup," ucap Haryadi usai Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Progo 2019 di Parkir Amongraga, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, Haryadi juga meminta manajemen hotel tidak menaikkan tarif menjelang libur Lebaran. Ia menilai tindakan menaikkan tarif seenaknya tak lebih dari praktik aji mumpung, yang pada ujungnya merusak citra Yogyakarta.

"Kemudian tempat parkir jangan menaikkan tarif parkir di luar batas kewajaran. Kalau mau menaikkan harga tolong ditulis besar-besar, jadi masyarakat tidak merasa dipalak atau merasa ditutuk," ujar Politikus Partai Golkar ini.

Terkait persoalan parkir, lanjut Haryadi, pihaknya bersama Polresta dan Kodim 0734 Kota Yogyakarta telah melakukan koordinasi internal beberapa waktu lalu. Mereka bersepakat untuk memerangi praktik tarif parkir 'nuthuk'.

Disinggung mengenai jenis sanksi yang akan diberikan Pemkot Yogyakarta ke juru parkir yang tetap membandel, Haryadi tak menjabarkan secara rinci. Hanya pihaknya memastikan pemerintah tidak mentolerir segala praktik curang.

"Jadi prilaku premanisme kecil-kecilan kami tidak tolerir, termasuk menjual informasi atau menyembunyikan informasi ketika ada orang sedang dalam perjalanan bertanya," tutupnya.


(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.