Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mei 2019 01:45 WIB

TRAVEL NEWS

Punya Sejarah Imam Masjidil Haram, Serang Disiapkan jadi Wisata Halal

Afif Farhan
detikTravel
Masjid Agung Penata di Tanara (dok Kementerian Pariwisata)
Masjid Agung Penata di Tanara (dok Kementerian Pariwisata)
Serang - Serang akan dijadikan sebagai wisata halal. Di Tanara tepatnya, terdapat sejarah orang Indonesia yang di zaman dulu pernah jadi imam Masjidil Haram.

Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan ke Tanara, Kabupaten Serang di Banten pada Rabu (29/5/2019) kemarin. Arief mengunjungi berbagai destinasi seperti Masjid Agung Tanara, Pesantren An Nawawi, Masjid Agung Penata, melihat cikal bakal pembangunan Islamic Center dan Sungai Cidurian yang bakal direvitalisasi sebagai destinasi wisata Tirta Kali Mati.

Setelah itu, diadakan Rapat Bersama Pembahasan Kawasan Wisata Religi Syekh Nawawi Al Bantani, Pendopo Kabupaten Serang. Dengan adanya sejarah Syekh Kyai Muhammad Nawawi Bin Umar di Tanara, menurut menteri asal Banyuwangi itu, Serang akan dijadikan sebagai kawasan wisata halal.

"Kita tetapkan positioning Serang termasuk Banten adalah wisata halal, dengan adanya sejarah Syekh Nawawi," kata Arief.

(dok Kementerian Pariwisata)(dok Kementerian Pariwisata)


Siapa Syekh Kyai Muhammad Nawawi Bin Umar di Tanara?

Syekh Kyai Muhammad Nawawi Bin Umar di Tanara atau dikenal juga dengan nama Syekh Nawawi al-Bantani merupakan salah seorang ulama besar di Indonesia. Tak main-main, julukannya adalah Sayyid Ulama al-Hijaz (Pemimpin Ulama Hijaz) dan Imam Ulama al-Haramain, (Imam Ulama Dua Kota Suci).

Syekh Nawawi lahir di Tanara pada tahun 1813 dan wafat di Makkah tahun 1897. Syekh Nawawi memiliki 115 kitab berisikan ilmu Tauhid, Fiqh dan Hadist serta menafsirkan kitab kuning.

Syekh Nawawi sempat belajar di Arab Saudi lalu kembali ke tanah air, untuk mengajarkan ajaran Islam. Tapi karena diincar oleh penjajah Belanda, dia kembali ke Arab Saudi dan menjadi ulama di sana hingga akhir hayatnya. Bahkan, Syekh Nawawi pernah menjadi imam Masjidil Haram, masjid suci umat Islam.

Menariknya, Syekh Nawawi juga menjadi guru Hasjim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

BACA JUGA: Jurus Pemkab Serang Agar Pantai Anyer Ramah Wisatawan

Oleh sebab itu, pemerintah Kabupaten Serang ingin menjadikan Tanara sebagai kawasan wisata halal. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ingin segera dikebut pengembangannya.

"Saya tunggu master plan-nya dari Kabupaten Serang untuk pengembangan wisata halal. Nanti, kita minta bantuan dari Kementerian PUPR untuk aksesbilitas dan revitalisasi sungai," terangnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya (dok Kementerian Pariwisata)Menteri Pariwisata Arief Yahya (dok Kementerian Pariwisata)


"Kita juga akan bantu dalam promosi, pengembangan destinasi dan pengembangan sumber daya manusia. Banten pun secara luas akan menjadi kawasan wisata halal," tutup Arief.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA