Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mei 2019 09:56 WIB

TRAVEL NEWS

Rajin Bersihkan Masjid, Andi Dapat Rp 20 Juta dari Tiket.com

Akfa Nasrulhak
detikTravel
Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Jakarta - Di tengah kesibukan dalam menjalani rutinitas pekerjaan, umumnya orang ingin melepas penat seperti dengan liburan atau istirahat. Namun, berbeda dengan Andi Jaya (48), meski sibuk sebagai guru, ia memanfaatkan waktu luangnya dengan amalan membersihkan karpet masjid yang rutin ia lakukan.

Sehari-hari ia mengajar matematika di salah satu sekolah SMP swasta dan SMA As-Shof di Depok. Namun, saat akhir pekan, Andi juga sibuk mengajar privat di beberapa tempat. Biasanya untuk privat ia mengajar pelajaran fisika.

Di tengah kesibukannya mengajar, pria berkeluarga dengan 2 anak ini malah mendedikasikan dirinya dengan menjadi pembersih karpet masjid. Ia bahkan memiliki alat sendiri yang khusus untuk membersihkan masjid. Tak hanya satu atau dua masjid yang ia bersihkan karpetnya, namun dari ujung ke ujung Depok, bahkan sampai berkeliling Jakarta. Mungkin sudah puluhan masjid yang ia bersihkan sejak kegiatan ini dilakukan pada 2016.

"Kalau saya termasuk yang anti debu ya, jadi kalau salat itu terasa banget debunya, enggak enak. Selain itu, intinya saya cari sedekah apa sih yang bisa bermanfaat buat banyak orang. Saya pernah dengar gerakan bersih mukena itu, tapi saya cari yang lain dong. Akhirnya ketemu ini, untuk bersihin karpet," ujar Andi saat ditemui di kediamannya di Depok, baru-baru ini.


Ia meyakini amalan yang paling disukai oleh Allah SWT adalah sesuatu hal yang tidak terlalu besar, namun rutin dilakukan. Bahkan, Andi sudah memiliki listing masjid mana yang akan dibersihkan.

"Jadi kan cari amalan yang nggak terlalu besarnya, tapi pahalanya bisa maksimal. Jadi bisa dimanfaatkan banyak orang. Kalau bersihin karpet kan modalnya nggak terlalu besar, enggak kayak bangun masjid, walaupun memang pahalanya besar," jelasnya.

Dengan melihat kegiatan yang dilakukan olah Andi, detikcom bersama tiket.com memberikan apresiasi karena telah memberikan inspirasi. Andi mengajarkan bahwa beramal tak mesti dengan materi, namun bisa juga dilakukan dengan aktivitas sederhana, namun rutin dilakukan.

Rajin Bersihkan Masjid, Andi Dapat Rp 20 Juta dari Tiket.comFoto: Akfa Nasrulhak/detikcom


Andi bersama istri dan 2 anaknya, berhak mendapatkan hadiah berupa voucher perjalanan mudik lebaran dan uang tunai Rp 20 juta. Ia mengaku kaget dan seolah mimpi dengan hadiah tersebut, karena ia merasa tidak pantas menerima hadiah tersebut.

"Alhamdulillah sekali saya merasa sih masih kurang pantas untuk jadi menginspirasi. Tapi semoga ini jadi pacu saya untuk lebih maksimal lagi. Harapannya semoga Allah terus berikan kekuatan untuk bisa memberikan masjid-masjid secara rutin dengan semampu saya," ujarnya.

Ia pun mengaku memanfaatkan hadiah tersebut untuk mudik ke kampung halaman istrinya di Bandung. Bahkan, hadiah uang tunai yang didapat juga ia akan bagi-bagikan untuk saudara-saudaranya di kampung halaman.


"Di sini masih ada ibu saya, tinggal daerah Depok. Jadi saya Lebaran di Depok dulu baru ke Bandung. Di Bandung biasanya kalau mudik seminggu. Keliling aja ke teman kuliah, saudara terus jalan-jalan," ujarnya.

Sebagai informasi, tiket.com dan detikcom tidak hanya mencari sosok inspiratif untuk diberi THR dan mudik gratis. tiket.com juga mengadakan kompetisi Tiket Hari Raya atau Kuis THR berhadiah utama umrah gratis. Caranya mudah, dengan mendaftarkan diri di microsite Kuis THR dan jawab pertanyaan setiap harinya mulai 15 Mei 2019.

Selain itu, kamu juga bisa scan AR melalui flyer di booth tiket.com yang tersebar di 9 titik lokasi yang tersebar di beberapa kantor sekitar Jakarta. Kemudian jawab pertanyaan yang tertera untuk menambah poin untuk dikumpulkan. Pengguna dengan poin tertinggi akan berkesempatan mendapatkan hadiah utama umrah gratis!


Kisah Inspiratif Andi Jaya Si Marbot Milenial:

[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA