Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jun 2019 08:25 WIB

TRAVEL NEWS

Desain Futuristik Pesawat KLM: Berbentuk Huruf V

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Desain baru pesawat KLM, bentuknya huruf V (dok KLM)
Desain baru pesawat KLM, bentuknya huruf V (dok KLM)
Amsterdam - Maskapai asal Belanda, KLM punya desain pesawat baru yang futuristik. Bentuknya seperti huruf V dan diklaim hemat bahan bakar sampai 20 persen.

KLM pun memberi nama pesawat ini sebagai 'Flying V Plane'. Dilansir detikcom dari CNN, Selasa (11/6/2019), nama pesawat ini diambil dari nama gitar listrik Gibson Flying V yang kebetulan memiliki bentuk yang sama dengan pesawat tersebut. Gitar Flying V dari Gibson ini diketahui pernah dipakai banyak musisi ternama dari Jimi Hendrix sampai Keith Richards.

Desain pesawat Flying V ini dirilis sebagai bagian dari Perayaan Hari Ulang Tahun ke-100 KLM. Pesawat berbentuk huruf V ini mampu menampung hingga 314 orang penumpang.

Desain Futuristik Pesawat KLM: Berbentuk Huruf VFoto: (dok KLM)


Dengan kabin bercabang seperti huruf V dan masing-masing dibekali mesin turbofan, pesawat KLM mengklaim desain pesawat ini mampu menghemat bahan bakar sampai 20 persen bila dibandingkan dengan pesawat Airbus A350.

KLM rencananya akan memberikan pendanaan guna mewujudkan proyek ambisius ini. Desain awal dari pesawat ini dibuat oleh Justus Benad, mahasiswa Technical University of Berlin, sebelum akhirnya dikembangkan oleh tim peneliti dari Delft University of Technology di Belanda.

Desain Futuristik Pesawat KLM: Berbentuk Huruf VFoto: (dok KLM)

Project Leader dari TU Delft, Roelof Vos mengatakan pesawat baru ini masih dalam proses menjalani berbagai macam tes untuk membuktikan bahwa teknologinya bisa menghemat bahan bakar secara lebih efisien.

Diharapkan pesawat ini akan siap mengudara di tahun 2040. Sementara untuk segi desain interior pesawat ini, KLM siap merilisnya tahun depan. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA