Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Kabar Gelombang Tinggi Tak Surutkan Wisatawan ke Parangtritis

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)
Bantul - Gelombang tinggi di Pantai Selatan Jawa beberapa hari ini, tidak berdampak pada kunjungan wisata di kawasan Pantai Parangtritis. Suasananya masih ramai.

Tercatat hari ini ada ribuan wisatawan yang mengunjungi kawasan tersebut. Pantauan detikcom di Pantai Parangtritis, gelombang air laut tampak tidak begitu tinggi. Akan tetapi, hembusan angin di Pantai yang berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul ini sangatlah kencang.

"Jika dibanding hari biasa, ombak hari ini cukup tinggi, tapi kalau dibandingkan kemarin (Selasa 11/6/2019) ketinggiannya cenderung menurun. Karena kemarin itu (ketinggian ombak di Pantai Parangtritis) mencapai 5 sampai 6 meter," ucap anggota tim SAR Satlinmas wilayah III Parangtritis, Catur Wibowo, saat ditemui detikcom di Posko SAR Pantai Parangtritis, Rabu (12/6/2019).

Kendati demikian, Tim SAR tetap mengimbau kepada wisatawan agar tidak bermain air di Pantai Parangtritis. Mengingat terdapat beberapa titik palung di Pantai tersebut.

Kabar Gelombang Tinggi Tak Surutkan Wisatawan ke ParangtritisFoto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)


Salah seorang wisatawan, Kusminingsih (48), mengatakan bahwa ia telah mendengar kabar gelombang tinggi yang menerjang Pantai Selatan Jawa. Namun hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk mengunjungi Pantai Parangtritis.

"Sudah dengar kabar itu (adanya gelombang tinggi), tapi karena saudara terlanjur mengajak ke sini (Pantai Parangtritis) mau gimana lagi, kan yang penting tidak bermain air sampai ke tengah," katanya.

Kabar Gelombang Tinggi Tak Surutkan Wisatawan ke ParangtritisFoto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)


Lanjut warga Kota Yogyakarta ini, sebetulnya ia berencana untuk mengunjungi Pantai-pantai di Gunungkidul. Namun, karena jaraknya yang terbilang jauh, Kusminingsih memilih untuk mengunjungi Pantai Parangtritis.

"Karena kalau ke Parangtritis kan tidak terlalu jauh dari rumah. Selain itu pemandangan pantainya juga lumayan," ucapnya.

BACA JUGA: Menguak Mitos Larangan Pakai Baju Warna Hijau di Pantai Selatan

Terpisah, Koordinator TPR Parangtritis, Rokhmad Ridwanto mengatakan, bahwa hingga siang ini tercatat ada sekitar 4 ribu wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis. Bahkan, saat gelombang pasang kemarin, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis mencapai belasan ribu orang.

Kabar Gelombang Tinggi Tak Surutkan Wisatawan ke ParangtritisFoto: (Pradito Rida Pertana/detikTravel)


"Kemarin (Selasa 12/6/2019) memang ada kabar gelombang pasang, tapi untuk jumlah wisatawan mencapai 16.650 orang dan sampai siang ini sekitar 4 ribu orang," ucapnya saat saat ditemui detikcom di TPR Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, penurunan jumlah kunjungan wisata hari ini karena sebagian besar pemudik telah kembali ke perantauan. Akan tetapi, ia menilai semakin sore jumlah wisatawan yang datang akan semakin bertambah karena saat ini masih masuk libur sekolah. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!