Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Jepara Gaet 100 Ribu Wisatawan Sejak Lebaran

Wikha Setiawan
detikTravel
Foto: (Wikha setiawan/detikcom)
Foto: (Wikha setiawan/detikcom)
Jepara - Tradisi Pesta Lomban di Kabupaten Jepara menjadi magnet wisatawan pantai. Tahun ini bahkan jumlah wisatawan mencapai sekitar 100 ribu lebih.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza menuturkan bahwa lonjakan wisatawan yang datang ke sejumlah obyek wisata pantai terjadi sejak sepekan lalu.

Hingga saat ini, jumlah total melebihi 100 ribu wisatawan. Antara lain, Pantai Benteng Portugis 15 ribu wisatawan, Pantai Kartini 30 sampai 40 ribu wisatawan, dan Pantai Bandengan mencapai 50 ribu wisatawan.

"Jadi total lebih 100 ribu wisatawan yang datang ke sejumlah obyek wisata pantai di Jepara. Lonjakan terjadi sejak sepekan lalu," ujarnya, Rabu (12/6/2019)

Peningkatan wisatawan tersebut salah satunya karena adanya tradisi Pesta Lomban.

"Tradisi Pesta Lomban ini memang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tradisi ini dilaksanakan tiap tahun sepekan setalah Idul Fitri," paparnya.

Jepara Gaet 100 Ribu Wisatawan Sejak LebaranFoto: (Wikha setiawan/detikcom)


Pesta Lomban adalah tradisi pelarungan kepala kerbau di tengah laut. Dibuka dengan kirab kerbau, pertunjukan wayang kulit hingga dipungkasi dengan grebeg kupat lepet.

"Prosesi dimulai sejak 11 Juni, dari kirab kerbau, wayangan, dan pelarungan dengan rute TPI Ujungbatu berakhir di Pantai Kartini dengan grebeg kupat lepet," imbuhnya.

Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi menambahkan Pesta Lomban merupakan tradisi masyarakat nelayan yang kemudian menjadi destinasi wisata.

"Ini bentuk ungkapan rasa syukur nelayan yang mendapat berkah laut dari Tuhan. Prosesi ini kemudian menjadi destinasi wisata di Jepara," tandas dia. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED