Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Raya Ketupat, Objek Wisata di Kudus Kebanjiran Kunjungan

Akrom Hazami
detikTravel
Foto: Akrom Hazami/detikcom
Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Kabupaten Kudus banjir kunjungan wisatawan. Sebabnya, ada perayaan Hari Raya Ketupat yang kedatangan 2 ribu orang.

Pemerintah Kabupaten Kudus mencatat adanya peningkatan kunjungan wisatawan di objek wisata pada hari Raya Ketupat. Sebagaimana diketahui, masyarakat Kudus merayakan Hari Raya Ketupat hari ini.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Kasmudi mengatakan, libur Hari Raya Ketupat ini rupanya berbuah berkah pada objek wisata. Seperti halnya Taman Ria Colo, kawasan Colo dan sekitarnya.

"Ada peningakatan kunjungan wisatawan pada libur Hari Raya Ketupat. Kalau dibandingkan kemarin sebelum Kupatan, jauh," kata Kasmudi ditemui di Graha Muria Colo, Kudus, Rabu (12/6/2019).

Dia memperkirakan jumlah warga yang berkunjung di Taman Ria Colo untuk menghadiri Prosesi Kupatan Kanjeng Sunan Muria mencapai dua ribu orang. "Kemarin hanya di kisaran 1.500 orang. Kita kan bisa lihat data kemarin, sekitar 1.500 orang. Hari ini diperkirakan 2 ribu orang," tambahnya.

Terutama kunjungan masyarakat lokal. Sebab dari pantauannya, sebagian besar kunjungan didominasi warga lokal. Bahkan untuk lokasi yang juga mengadakan tradisi perayaan Hari Raya Ketupat seperti tradisi Kupatan Gebyar Festival Budaya Bulusan di Dusun Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo.

"Di Bulusan, misalnya, peningkatannya luar biasa. Terutama kunjungan masyarakat lokal," imbuh Kasmudi.

Pemkab sendiri memang mengalokasikan anggaran untuk kegiatan hiburan atau tradisi di Hari Raya Ketupat seperti yang diadakan di Colo.

"Ini memang dianggarkan pemkab" kata dia.

Pihaknya berjanji tahun depan kegiatan di hari Raya Ketupat akan ditingkatkan lagi biar lebih meriah. "Tahun depan, kita tingkatkan lagi," ujarnya. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA