Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Jun 2019 10:30 WIB

TRAVEL NEWS

Lari Keliling Candi, Bisa di Sleman

Ristu Hanafi
detikTravel
Foto: (Dok. Sleman Temple Run)
Foto: (Dok. Sleman Temple Run)
Sleman - Memiliki banyak candi, Sleman bisa jadi destinasi asyik bagi kamu yang gemar olahraga lari. Coba deh lari sambil mengelilingi candi.

Sleman Temple Run kembali digelar tahun ini. Sportventure tourism event ini merupakan satu-satunya semi-trail run di dunia yang melintasi candi, gunung, hutan dan sungai.

Event yang memadukan antara olahraga dengan adventure sambil berwisata menikmati keindahan alam bakal digelar di kawasan Candi Banyunibo, bulan Juli mendatang.

"Bila banyak trail run yang melintasi gunung, hutan dan sungai, Sleman Temple Run menjadi satu-satunya semi-trail run di dunia yang melintasi candi, selain melintasi gunung, hutan dan sungai. Tingkat kesulitan dan tantangan dari event ini termasuk dalam level medium dengan kondisi medan yang naik turun namun tidak ekstrem," kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih dalam keterangannya, Jumat (14/6/2019).

Event semi-trail run edisi kelima ini digelar oleh Dinas Pariwisata Sleman bersama Trail Runner Yogya.

Memperlombakan 3 kategori yaitu 7K, 13K dan 25K, start dan finish akan dilakukan di kawasan Candi Banyunibo pada Minggu, 14 Juli 2019 pukul 05.30 WIB untuk kategori 25K. Total elevasi yang dilalui pada kategori ini adalah 1.000 meter dengan variasi medan yang dilalui terdiri dari 20 persen trail track, 30 persen track aspal dan sisanya adalah track dengan cor block.

"Di sepanjang rute, pelari akan disuguhi keindahan Candi Banyunibo, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Miri, Kraton Ratu Boko, Candi Sojiwan, dan hamparan landscape kawasan timur Kabupaten Sleman yang memukau. Terdapat setidaknya 5 water station sepanjang rute yang dilewati," jelas Sudarningsih.

Untuk kategori 13K, start akan dilaksanakan pada 30 menit setelah itu. Total elevasi yang dilalui pada kategori ini adalah 500 meter dengan variasi medan yang sama dengan yang dilalui oleh pelari kategori 25K. Bagi pelari di kategori 7K, start akan dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB. Total elevasi yang akan dilalui adalah 300 meter.

Sampai dengan Jumat (14/6) tercatat lebih dari 700 peserta telah mendaftar. Sebagian besar peserta (97,74%) merupakan pelari dalam negeri dan sisanya (2,26%) berasal dari 9 negara, seperti USA, Jerman, Perancis, Belanda, Swedia, Kolombia, Korea Selatan, Singapura dan Kenya.

Biaya pendaftaran antara Rp 300.000-Rp 400.000 dengan fasilitas jersey, finisher medal, totee bag, makan siang, asuransi dan kesempatan untuk mendapatkan beberapa doorprize menarik.

"Total hadiah sebesar Rp 127 juta, dengan perincian total Rp 22,5 juta diperuntukkan bagi kategori 25K, total Rp 17 juta bagi kategori 13K, dan total Rp 12,25 juta bagi kategori 7K," imbuh Sudarningsih. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA