Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jun 2019 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kakek Nenek Jagoan, Naik Sepeda dari Inggris ke China

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pasangan kakek-nenek yang naik sepeda dari Inggris ke China (dok. Peter and Chris Lloyd)
Pasangan kakek-nenek yang naik sepeda dari Inggris ke China (dok. Peter and Chris Lloyd)
Beijing - Pasangan kakek nenek ini sungguh jagoan. Mereka naik sepeda 18 bulan dari Inggris sampai ke China. Total jarak yang mereka tempuh mencapai 19.312 Km.

Adalah Peter dan Chris Lloyd, pasangan kakek-nenek jagoan dari Inggris yang berhasil melakukan hal tersebut. Selama 1,5 tahun, Peter dan Chris ini bersepeda dari kampung halamannya di Inggris hingga sampai ke negeri Tirai Bambu China.

Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Senin (17/6/2019), ide gila gowes sepeda dari Inggris ke China ini bermula dari keinginan dari mereka untuk melakukan sesuatu hal yang berbeda saat pensiun. Bersepeda pun jadi pilihan mereka berdua.

Berdua, Peter dan Chris menggowes sepedanya melewati daerah perkotaan, pedesaan, kampung-kampung, pegunungan terjal, dan juga gurun pasir di sepanjang benua Eropa, Timur Tengah hingga ke Timur Jauh (China).

(dok. Peter and Chris Lloyd)(dok. Peter and Chris Lloyd)

Bermodalkan tenda, beberapa potong pakaian, dan perbekalan yang cukup, mereka berdua memulai perjalanan dari rumah mereka di Carlisle, Cumbria, Inggris menuju ke destinasi yang mereka tuju, yaitu China.

"Setiap hari adalah sebuah petualangan baru. Perasaan berada di jalan dengan matahari bersinar dan dunia berada di bawah kakimu sungguh mengagumkan," kata Peter (66) seperti dikutip dari media Daily Mail.

Selama satu setengah tahun traveling naik sepeda, sudah pasti banyak pengalaman berkesan yang dialami oleh pasangan yang sudah 37 tahun menikah ini. Sudah banyak negara yang dijelajahi, tentu dengan kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda-beda pula.

"Kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari itu. Yang kamu tahu hanyalah, kamu harus naik ke atas sepeda dan mulai menggowes," imbuh Peter.

Selama perjalanan tersebut, tidak semuanya berjalan mulus. Peter sempat mengalami cedera parah saat baru 2 bulan memulai perjalanan. Pasangan Peter dan Chris memulai perjalanan pada bulan Januari 2017.

(dok. Peter and Chris Lloyd)(dok. Peter and Chris Lloyd) Foto: undefined


Saat sedang asyik gowes di Hungaria, Peter terjatuh dari sepeda dan tulang pahanya patah. Pen dan pelat besi pun ditanamkan ke bagian tulang paha Peter untuk meyambungnya kembali.

Peter pun terpaksa rehat sampai dirinya sembuh. 7 Bulan kemudian, tepatnya pada Oktober 2017, proses recovery Peter selesai dan mereka pun melanjutkan perjalanan kembali.

Total 16 negara sudah dilewati pasangan Peter dan Chris. Dari sekian banyak negara itu, pasangan ini terkesan saat menggowes sepeda di jalur Pamir di Tajikistan, serta saat menyelami kebudayaan dan berinteraksi dengan penduduk lokal Turki.

(dok. Peter and Chris Lloyd)(dok. Peter and Chris Lloyd)

Setelah sampai di China, pasangan kakek-nenek jagoan ini pun tidak berhenti. Mereka melanjutkan perjalanan menyusuri Asia Tenggara hingga ke Singapura.

Dari Singapura, mereka baru pulang ke rumahnya di Inggris. Uniknya, Peter dan Chris tidak pulang naik pesawat, melainkan menyewa kabin di kapal kargo untuk kembali ke Inggris.

"Kami merasa sangat beruntung memiliki waktu untuk melakukannya dan kami diberi kemampuan untuk itu. Ini sungguh pengalaman yang sangat berkesan karena kami bertemu dengan orang-orang yang luar biasa di jalan," tutup Chris (64). (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA