Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Jun 2019 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

3 Pantai di Dompu NTB Penuh Sampah, Pemda Turun Tangan

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: Pantai Lakey, Pantai Wadu Jado dan Pantai Hodo Kempo dipenuhi oleh sampah (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Foto: Pantai Lakey, Pantai Wadu Jado dan Pantai Hodo Kempo dipenuhi oleh sampah (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Dompu - 3 Pantai di Dompu yakni Pantai Lakey, Pantai Wadu Jado dan Pantai Hodo Kempo dipenuhi oleh sampah. Terkait hal ini, DLH pun turun tangan untuk membersihkan lingkungan.

Persoalan pantai yang penuh sampah nampaknya sering ditemukan di Kabupaten Dompu, beberapa pantai yang sering dikunjungi oleh masyarakat selalu saja dipenuhi sampah berbagai jenis, seperti di Pantai Lakey, Pantai Wadu Jado dan kali ini juga terjadi di Pantai Hodo Kempo. Pantai ini dipenuhi sampah botol plastik, kertas nasi, hingga plastik-plastik sekali pakai berserakan dimana-mana.

3 Pantai di Dompu NTB Penuh Sampah, Pemda Turun Tangan(Faruk Nickyrawi/detikcom)


Pantai Hodo adalah pantai yang dijadikan lokasi persinggahan para pengguna jalan baik dari arah Kota Dompu menuju Gunung Tambora, Savana Doro Ncanga Pulau Satonda Kecamatan Pekat, maupun sebaliknya.

Hampir setiap hari pantai Hodo ini selalu ramai oleh pengguna jalan maupun pengujung yang memang ingin menikmati pantai tersebut.

Di balik sampah yang berserakan, pantai ini menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri. Pasir hitamnya yang memukau, ada juga mata air tawar dan sebuah kubangan besar bentuk kolam air tawarnya. Bahkan Eric, Vokalis Band Endang Soekamti pernah mandi di mata air ini.

Kotornya pantai ini sempat viral di media sosial facebook setelah beberapa fotonya diunggah oleh salah satu akun facebook bernama Buruh Tani.

3 Pantai di Dompu NTB Penuh Sampah, Pemda Turun TanganFoto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)


Melihat keadaan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pun langaung turun tangan untuk membersihkan pantai tersebut. Belasan anggota tim pemungut sampah rumah tangga di kerahkan untuk membersihkan lingkungan sekitar pantai yang dipenuhi sampah.

Alhasil, delapan karung besar sampah berhasil disapu dan angkut dari pantai. Pantauan detikcom, Kamis (20/6/2019) kondisi pantai tersebut bersih dari kotoran atau sampah. Tetap jaga lingkungan saat berkunjung ke tempat wisata ya, Traveler!

(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA