Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Jun 2019 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Pengeluaran Turis Indonesia untuk Wisata Masih di Bawah Negara Tetangga

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi turis Indonesia (dok. Korea Tourism Organization)
Ilustrasi turis Indonesia (dok. Korea Tourism Organization)
Jakarta - Dewasa ini sektor pariwisata menyumbang salah satu pendapatan terbesar negara. Hanya di pasar global, pengeluaran turis Indonesia masih di bawah tetangga.

Dalam riset terbaru Amadeus, satu dari top 10 perusahaan teknologi yang bergerak dalam sistem distribusi global (Global Distribution System) di kantornya, UOB Plaza, Jakarta, Senin kemarin (24/6/2019), dijelaskan kalau pasar Asia Pasifik menjadi pemain terbesar dalam pasar pariwisata global.

Tahun 2018 lalu misalnya, traveler dari pasar Asia Pasifik menyumbang total USD 1,9 triliun secara domestik dan outbound. Angka itu mengalami kenaikan sekitar 141% dari tahun 2009 lalu.

Dari sekian banyak negara di Asia Pasifik, traveler Indonesia pun turut jadi salah satu pemainnya. Dijelaskan oleh GM Amadeus untuk Indonesia, Andy Yeow, kalau jumlah populasi Indonesia yang besar tak berbanding lurus dengan pengeluarannya saat traveling.

"Indonesia punya populasi besar ketimbang negara tetangga seperti Thailand, Malaysia dan Filipina, tapi pengeluaran turis Indonesia di bidang wisata masih jauh lebih kecil dari negara tetangga," papar Andy.

Tahun 2018 lalu misalnya, turis Indonesia diketahui menyumbang USD 26 miliar atau setara dengan Rp 367 triliun ke industri pariwisata global. Jumlah itu pun turut didukung dengan meningkatnya traveler dari kelas menengah.

Walau cukup besar, tapi masih di bawah turis Thailand (USD 27 miliar), Malaysia (USD 30 miliar), Singapura (USD 34 miliar) dan terlebih dari pengeluaran turis China di bidang wisata sebesar USD 994 miliar secara keseluruhan.

"Di masa mendatang ada potensi pertumbuhan yang belum terukur. Di sinilah retail bisa masuk dan mengisi," ujar Andy.

Fakta itu pun menjelaskan akan potensi dari turis Indonesia dan kontribusinya dalam pariwisata global. Tentunya pengeluaran turis Indonesia di bidang wisata juga akan sejalan dengan kondisi perekonomiannya. (wsw/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.