Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jun 2019 21:20 WIB

TRAVEL NEWS

Jakarta Masuk Kota yang Bakal Kena Overtourism

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi overtourism (iStock)
Ilustrasi overtourism (iStock)
Jakarta - Overtourism merupakan suatu fenomena di mana sudah terlalu banyak kunjungan turis di suatu destinasi. Jakarta, salah satu yang akan mengalaminya.

Overtourism sudah dinilai sebagai suatu musibah. Sebabnya, suatu destinasi yang sudah kepenuhan turis bakal terkena dampak yang buruk. Dari tingkah turis nakal yang tidak terkontrol, kemacetan hingga rusaknya destinasi tersebut akibat vandalisme dan lainnya.

Nah, fenomena overtourism sudah melanda berbagai negara. Beberapanya seperti Amsterdam dan Roma. Bahkan, Amsterdam pun sudah tidak mau lagi menerima turis alias tidak lagi mempromosikan kotanya sebagai destinasi wisata.

BACA JUGA: Maaf, Amsterdam Tak Mau Lagi Terima Turis

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (26/6/2019) World Travel & Tourism Council, oranisasi non profit dari Inggris yang bergerak pada bidang pariwisata, melansir kesiapan 50 destinasi yang bakal terkena overtourism di tahun 2030. Salah satu destinasinya, adalah Jakarta.

Kota-kota lainnya yakni Bangkok, Seoul, Auckland, Ho Chi Minh, Cape Town, Istanbul, Mexico City dan New Delhi. Satu hal yang dititikberatkan, akankah infrastruktur pariwisata di kota-kota tersebut mampu memenuhi pertumbuhan pariwisata?

"Ada risiko ketegangan di masa depan terkait dengan volume kunjungan, infrastruktur atau aktivitas yang menguji kesiapan untuk pertumbuhan kunjungan turis," kata laporan dari World Travel & Tourism Council.

Kemacetan di Jakarta, jadi salah satu yang mengkhawatirkan (Rifkianto Nugroho/detikcom)Kemacetan di Jakarta, jadi salah satu yang mengkhawatirkan (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Oleh sebab itu, infrastruktur pariwisata dari aksesbilitas hingga manajemen tata kota perlu diperhatikan. Supaya turis yang datang merasa nyaman, pun warga kotanya sendiri.

Lain sisi, beberapa kota di dunia dinilai sudah siap menghadapi fenomena overtourism. Sebut saja Singapura, Beijing, Chicago, Dubai, Hong Kong, Munich, Osaka, Shanghai, Tokyo dan Washington.

BACA JUGA: Overtourism, Hantu Pariwisata yang Harus Diwaspadai

World Tourism Organisation dari PBB, menyatakan bahwa tahun 2018 lalu, ada 1,4 miliar kunjungan turis internasional di seluruh dunia. Ada peningkatan 6 persen dari tahun sebelumnya, dan angkanya diperkirakan akan tumbuh 3 persen menjadi 4 persen tahun ini.

Simak Video "Detik-detik Bus Rem Blong di Tikungan Tajam, Kernet Nekat Loncat Keluar"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.