Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Jun 2019 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Masuk ke Gunung Tambora Kini Diperketat

Faruk Nickyrawi
detikTravel
TNGT, NTB (Taman Nasional Gunung Tambora)
TNGT, NTB (Taman Nasional Gunung Tambora)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Dompu - Sejak diresmikan menjadi Cagar Biosfer Dunia oleh UNOESCO, Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) kini lebih memperketat aktivitasnya. Terutama pada aktivitas keluar masuk pendaki taman tersebut.

Bagi siapapun yang hendak masuk di areal Taman Tambora majib melaporkan diri pada petugas yang berada di pintu masuk taman. Diperketatnya sistim ini demi menjaga biota yang ada di dalam kawasan Taman tidak dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Sistem ini juga diterapkan pada semua pintu masuk taman. Di antarannya di jalur pendakian Pancasila, Jalur Piong, Jalur Kawinda To'i, Jalur Doro Ncanga dan Jalur wisata air terjun Oi Marai.

"Setiap pengunjung yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Tambora harus lapor kepada petugas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Itu mengingat kegiatan wisata alam khususnya pendakian merupakan kegiatan yang beresiko tinggi," Ungkap Kepala Balai TNGT Murlan Dameria Pane, pada detikcom, Kamis (27/09/2019).

Pihak TNGT menginginkan setiap pengunjung yang datang dan masuk ke dalam kawasan bisa menikmati keindahan alam dan tetap mengedepankan keselamatan pengunjung. Salah satu upaya untuk mewujudkan itu adalah mendata dan memantau aktivitas para pengunjungnya.


"Sebelum dan sesudah menjadi cagar biosfer, kegiatan pembalakan liar di dalam kawasan TN Tambora sangat dilarang," tegasnya.

"Apabila terjadi di kawasan kami, tentunya akan kami proses sesuai dengan kewenangan kami dan berkoordinasi dengan pihak terkait tentunya. Selain itu, upaya sosialisasi dan pendidikan lingkungan sejak usia dini juga kami laksanakan agar generasi muda kita memahami dan menyadari pentingnya menjaga keutuhan kawasan TN Tambora," tambahnya.

Simak Video "Pawai Budaya Dompu, Nusa Tenggara Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA