Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Jul 2019 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Terbaru Paspor Terkuat 2019, Indonesia Nomor Berapa?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Ilustrasi paspor (Ari Saputra/detikcom)
Foto: Ilustrasi paspor (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Henley Passport Index telah mengeluarkan daftar paspor terkuat tahun 2019. Dari Asia ada dua negara yang berada di posisi pucuk, sementara Indonesia turun lagi peringkatnya.

Adalah Jepang dan Singapura yang kokoh di posisi pertama dalam daftar paspor paling kuat di dunia 2019. Seperti dilansir CNN mengutip data Henley Passport Index, Selasa (2/7/2019), memasuki paruh kedua tahun 2019, kedua negara itu memegang posisi sebagai paspor paling ramah perjalanan di dunia. Henley Passport Index sendiri selalu memberikan penilaian dan rangking terhadap paspor-paspor di seluruh negara di dunia, sejak tahun 2005.

Negara lain dari Asia yakni Korea Selatan yang berada di posisi kedua. Itulah data yang dikeluarkan oleh Henley Passport Index yang secara berkala mengukur akses yang diberikan paspor masing-masing negara.

Paspor Singapura dan Jepang menduduki peringkat teratas karena kedua paspor tersebut menawarkan akses bebas visa ke 189 negara. Korea Selatan ada di posisi yang sama dengan Finlandia dan Jerman, ketiganya dapat mengakses 187 negara tanpa visa.

Finlandia mendapat akses bebas visa terbarunya dari perubahan kebijakan visa Pakistan yang sebelumnya sangat ketat. Pakistan saat ini menawarkan ETA (Electronic Travel Authority) kepada warga negara dari 50 negara, termasuk Finlandia, Jepang, Malta, Spanyol, Swiss dan Uni Emirat Arab, tapi tidak untuk warga Amerika Serikat atau Inggris.

BACA JUGA: Awal Tahun 2019, Paspor Jepang Paling Kuat

Lima tahun lalu, Amerika Serikat dan Inggris menduduki peringkat teratas pada tahun 2014. Lalu, kedua negara ini merosot ke posisi keenam, posisi terendah yang telah dipegang sejak tahun 2010.

Uni Emirat Arab terus merangkak naik peringkatnya. Memasuki 20 besar untuk pertama kalinya dalam 14 tahun, dan dalam lima tahun terakhir UEA memiliki lebih dari dua kali lipat bebas visa.

Bagaimana dengan paspor hijau dari Indonesia? Henley Passport Index mencatat bahwa paspor Indonesia ada di posisi 75 dengan bebas visa sebanyak 69 negara. Itu turun delapan peringkat dari posisi 67 dengan akses bebas visa berkurang dua negara dari 71 di tahun 2018.

Paspor terbaik hingga pertengahan tahun 2019 adalah:

1. Jepang, Singapura (189 negara bebas visa)
2. Finlandia, Jerman, Korea Selatan (187)
3. Denmark, Italia, Luksemburg (186)
4. Prancis, Spanyol, Swedia (185)
5. Austria, Belanda, Portugal, Swiss (184)
6. Belgia, Kanada, Yunani, Irlandia, Norwegia, Inggris, Amerika Serikat (183)
7. Malta (182)
8. Republik Ceko (181)
9. Australia, Islandia, Lithuania, Selandia Baru (180)
10. Latvia, Slovakia, Slovenia (179)
.
.
.
75. Indonesia (69).

BACA JUGA: Horang Kayaaah, Paspor Negara Malta Jadi Incaran Turis Tajir

Simak Video "Korban Tewas Akibat Topan Hagibis Bertambah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA