Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Jul 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Diplomasi Kekinian Dubes Jepang, Menyasar Generasi Muda Indonesia

Shinta Angriyana
detikTravel
Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (Sonia/detikcom)
Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (Sonia/detikcom)
Jakarta - Mungkin, warganet familiar dengan akun @jpnambsindonesia. Ternyata, ia adalah Masafumi Ishii, Dubes Jepang untuk Indonesia dengan gaya personal branding yang unik.

Gaya formal dan kaku yang dimiliki pejabat sudah umum diterapkan. Bahkan, menjadi sebuah citra seseorang yang dianggap penting dalam mewakili sebuah negara atau duta besar. Namun, diplomat asal Negeri Sakura yang bertugas di Indonesia seperti 'mendobrak' pandangan tersebut.

Inilah Masafumi Ishii, Duta Besar Jepang untuk Indonesia yang sudah bekerja selama kurang lebih 2 tahun. Gayanya yang nyentrik, sukses menyita perhatian masyarakat Indonesia hingga dunia. Bahkan, media asal Hong Kong, South China Morning Post menyebutkan Masafumi Ishii sukses merebut hati orang Indonesia dalam unggahan Instagramnya.

Seberapa unik diplomasinya? Ishii gemar mengunggah foto makan siangnya dengan kuliner Nusantara. Bukan hanya itu saja, ia juga bergaya nyeleneh nan jenaka. Inilah yang membuatnya dikenal masyakarat Indonesia. detikcom pun berbincang dengan Masafumi Ishii beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, bahwa inisiasi untuk mengunggah foto-foto tersebut adalah ide darinya dan tim protokol.

Diplomasi Kekinian Dubes Jepang, Menyasar Generasi Muda IndonesiaMasafumi Ishii saat ditemui di Kedubes Jepang (Sonia/detikcom)


"Nah kalau itu (mengunggah foto di Instagram) hasil kerja sama tim. Di kantor saya ada bagian protokol yang menangani jadwal dan kegiatan saya sehari-hari," papar Ishii.

Konsep tersebut pun hasil kerja sama dengan tim, meski Ishii acap kali bergaya spontan saat hendak di foto. Saat detikcom berkunjung dan menyuguhkan makanan, Ishii pun sempat berfoto bersama tim-nya. Benar saja, ia secara spontan berpose dengan gaya unik, persis seperti di akun Instagramnya.



"Komentar atau caption di bawah postingan instagram saya juga tim protokol saya yang membuat. Komentar atau caption di bawah postingan instagram saya juga tim protokol saya yang membuat," tambah dia.

Tingkah jenakanya ini pun menjadi salah satu media promosi diplomasi. Selain kecintaanya terhadap Indonesia, hal ini juga dianggap mudah untuk menyampaikan pesan ke pada masyarakat khususnya generasi muda.

Diplomasi Kekinian Dubes Jepang, Menyasar Generasi Muda IndonesiaAksinya di Instagram (jpnambsindonesia/Instagram)


"Dan juga saya juga ingin masyarakat Indonesia memahami masyarakat Jepang, termasuk saya, sangat senang dengan Indonesia. Betul, saya ingin menyampaikan ke generasi muda di masyarakat Indonesia," paparnya.

Indonesia dan Jepang pun telah menjalankan hubungan diplomatik selama 60 tahun. Menurutnya, generasi muda sangat berpengaruh besar untuk masa depan hubungan baik ini.

"Untuk mempererat lebih lanjut hubungan kita, Jepang dan Indonesia, saya rasa kita perlu budaya dari generasi muda," ujarnya.

Hingga kini, Ishii pun masih rajin mengunggah konten Instagram yang unik. Mulai dari kegiatan makan siang sampai kegiatan sehari-hari sebagai diplomat. Tentu, hal ini bisa menjadi citra positif bagi kedua negara.

Simak Video "Gaya Makan Nyentrik nan Kocak Dubes Jepang untuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA