Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Jul 2019 20:55 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Penutupan Taman Nasional Komodo, Ini Kata Gubernur NTT

Abdul Haris
detikTravel
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Shinta Angriyana/detikTravel)
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Shinta Angriyana/detikTravel)
Labuan Bajo - Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat angkat suara mengenai isu penutupan Pulau Komodo di Taman Nasional (TN) Komodo. Apa katanya?

"Pertama, saya sudah telepon ke Bu Menteri (Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan-red) bahwa Agustus ini akan selesai. Kita sedang membahas bagaimana kita ngaturnya," kata Viktor kepada awak media di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/7/2019).

Viktor menjelaskan, ada beberapa tata ruang yang akan dibenahi. Soal dermaga misalnya, yang belum layak untuk anak, orang tua dan disabilitas.

"Kedua, kita di sana lihat bahwa tempat itu tidak tertata dengan baik. Sekarang kalau kita lihat kering, tidak ada air tidak ada pohon. Kita buat seperti begitu sampai ada pohon dan bunga-bunga NTT, kesannya 'wow' begitu," paparnya.

BACA JUGA: Pak Jokowi, Tolong Jangan Tutup Pulau Komodo

Viktor ingin memudahkan wisatawan yang datang ke TN Komodo untuk melihat Si Naga Purba. Oleh sebab itu, ada akses khusus yang bakal disiapkan.

"Kita bikin tempat aksesnya bisa lihat, di mana komodo hari ini berada paling banyak. kita bisa tahu ke mana komodo, jumlah komodo paling banyak di mana, jadi kita pasang. kita usahakan mereka (komodo) menjadi liar. Jadi kita tidak akan lagi jalan kaki, treknya akan kita siapkan dan rangernya kita siapkan agar semua bisa jalan malam," paparnya.

"Tidak pakai kendaraan yang pakai gas atau bensin, kita pakai yang golfcar. Kalau pake bensin kan merusak itu, kita pakai buggy," lanjut Viktor.

Soal Penutupan Taman Nasional Komodo, Ini Kata Gubernur NTTGubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Abdul Haris/detikcom)


BACA JUGA: Ingat! Penutupan Taman Nasional Adalah Kewenangan KLHK

Namun hingga kini, belum ada keputusan resmi mengenai penutupan Pulau Komodo di TN Komodo. Pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga belum buka suara.

Simak Video "Momen Jokowi Nikmati Labuan Bajo dari Ketinggian"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA