Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jul 2019 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Siap-siap! Bromo Marathon Akan Kembali Digelar

Bonauli
detikTravel
Bromo Marathon (Muhajir Arifin/detikcom)
Bromo Marathon (Muhajir Arifin/detikcom)
Jakarta - Traveler yang mau sehat sambil menikmati alam Pasuruan, bisa siap-siap! Karena, Bromo Marathon akan kembali digelar.

Event ikonik kebanggaan Pasuruan hadir kembali, nilah ajang lari marathon Bromo. Kali ini Bromo marathon hadir dengan nama Plataran Bromo Marathon Xtravaganza, dalam konferensi press di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Lomba lari ini bekerja sama dengan Plataran Bromo dalam mempersiapkan venue terbaik untuk para pelari. Sudah jadi acara tahunan, Bromo marathon rutin diadakan tiap 1 September, tahun ini juga sama.

"Keinginan kita menjadikan acara ini sebagai ikon Pasuruan. Juga memperkenalkan adat istiadat suku tengger," ujar Dedi Kurniawan, Founder dari Bromo Marathon.

Meski akan diselenggarakan pada Bulan September, namun sudah banyak peserta yang mendaftar di kegiatan ini. Sudah terdaftar 1320 peserta dari 30 negara.

"Pesertanya 65 persen orang Indonesia, sisanya ekspat yang tinggal di sini dan ada yang terbang langsung dari negaranya," jelas Dedi.

Jumpa pers Bromo Marathon (Bonauli/detikcom)Jumpa pers Bromo Marathon (Bonauli/detikcom)


Kali ini Plataran Bromo Marathon Xtravaganza akan menambah 1 rute dengan panjang 5k selama 2 jam. Sebelumnya ada rute 10k, 21k dan 45k.

Tapi yang jadi unggulan tetaplah rute 21k. Karena rute inilah yang jadi sport tourism dalam Bromo.

"Rutenya melipir ke pinggir Bromo. Di beberapa titik rute bisa melihat Gunung Batok dan Bromo. Bisa jadi titik selfie. Ini mumpung bisa berhenti, banyak pelari yang berhenti di sana untuk foto. Karena kalau naik jeep tidak bisa" tutur Dedi.

BACA JUGA: Tempat Terbaik Buat Foto Berlatar Bromo

Soal keamanan tak perlu diragukan. Karena ada stand medis tiap 5k dan refreshment tiap 3k. Bukan cuma stand, Plataran Bromo Marathon Xtravaganza juga menyediakan medical on the road.

"Harganya mulai 400k-600k untuk lokal, kalau pelari dari luar 600-700k. Ada diskon komunitas 15 persen di early bird," tambah Dedi.

Kalau para pelari mendapatkan keindahan dari Bromo, para keluarga datau kerabat yang menemani juga bisa mendapat hiburan. Karena Plataran Bromo Marathon Xtravaganza mempersiapkan banyak festival di ujung rute, yang tentu saja asli dari Suku Tengger.

"Ada festival budaya Suku Tengger, live musik GIGI, artwork, keroncong Pasuruan, etnik budaya, sendra tari, festival otomotif," kata Fauzi Prihatin, Area Manajer Plataran Bromo.

Fauzi menjelaskan bahwa acara ini pengunjungnya bukan cuma pelari. Acara ini bisa dinikmati oleh keluarga dari pelari karena terbuka untuk umum dan gratis.

"Kalau tamu yg runner, ada complimentary gala dinner. Plataran Bromo sudah penuh dari awal tahun karena event ini. Para tamu runner juga mendapatkan Bromo marathon package, isinya tur bromo, spa dan antar jemput bandara," jelas Fauzi.

Simak Video "Bromo Membeku, Pemandangan Langka yang Memukau"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA