Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jul 2019 12:51 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Kuatnya Gempa di Nusa Dua yang Terasa Sampai Denpasar

Afif Farhan
detikTravel
Gempa M 6 di Bali, warga berhamburan keluar rumah  (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Gempa M 6 di Bali, warga berhamburan keluar rumah (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Gempa dengan magnitudo 6 terjadi di Nusa Dua, Bali pagi ini. Getaran gempanya pun berasa kuat sampai ke Denpasar.

Gempa tersebut terjadi pukul 08.18 WITa. Lokasi gempa ada di koordinat 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur.

Pusat gempa ada di 83 km arah barat daya Nusa Dua. Episenter gempa ada di kedalaman 68 km. Gempa ini dilaporkan tak berpotensi tsunami.

BACA JUGA: Gempa di Bali, Wisatawan Diimbau Update Informasi

Citra Rinjani, wanita yang tinggal di kawasan Pemogan, Denpasar bagian selatan sampai merasakan kuatnya gempa tersebut. Sampai-sampai kaca dan lemari bergetar.

"Durasinya sekitar 5 detik tapi terasa banget. Kaca tuh sampai bergetar dan bunyi 'drugg...drugg...drugg'," terangnya kepada detikcom, Selasa (16/7/2019).

"Pintu lemari juga goyang, benar-benar kuat getarannya dan bikin panik" lanjutnya.

Meski begitu, tidak ada bangunan retak atau rusak di sekitar Denpasar. Beberapa warga memang panik berlarian keluar rumah, tapi kemudian aktivitas berjalan normal.

BACA JUGA: Pascagempa M 6 di Nusa Dua Bali, Terjadi 7 Kali Gempa Susulan

Namun, wanita yang akrab disapa Arin itu menjelaskan, baru-baru ini juga terasa gempa di Bali. Sekitar Jumat (12/7) pekan lalu, dia merasakan gempa saat malam hari.

"Iya Jumat kemarin juga berasa gempa saat malam, sekitar 3 detik. Tapi saat itu, ada orang yang sadar gempa dan ada juga yang nggak sadar," terang Arin.

Arin pun terus meng-update informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dia pun mengikuti beberapa langkah-langkah yang dianjurkan, seperti menjauhi bangunan-bangunan yang retak.

"Katanya sih ada gempa susulan, tapi kita harus update terus juga. Selain itu juga ada arahan-arahan kan, misal menghindari bangunan yang retak dan sebagainya," tutupnya.



Simak Video "Kerusakan di Banyuwangi Akibat Gempa M 6 di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA