Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jul 2019 21:10 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Area 51 yang Sempat Viral & Ingin Diserbu Netizen

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Area 51 di AS (istimewa)
Area 51 di AS (istimewa)
Nevada - Beberapa waktu lalu viral ajakan untuk menyerbu Area 51 di dunia maya. Merupakan salah satu pusat militer AS, tak sedikit kontroversi yang meliputinya.

Bermula dari sekadar candaan, ajakan untuk mendatangi Area 51 secara massal ternyata mendapatkan sambutan sangat besar. Sejauh ini, sudah ada sejuta netizen yang menyatakan ingin ikut 'menyemarakkan' penggerudukan untuk mencari alien tersebut.

Bertajuk 'Storm Area 51, They Can't Stop All of Us', peminat diminta bersama menyambangi Area 51 pada 20 September 2019 mulai pukul 3 subuh.

"Kita semua akan bertemu di atraksi turis Area 51 Alien Center dan mengkoordinasikan kita masuk," tulis penggagas event tersebut.

Terlepas dari candaan tersebut, Area 51 memang menyimpan rahasia hingga legenda yang dikait-kaitkan dengan UFO. Namun, apakah itu mitos atau fakta?

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Selasa (16/7/2019), media Washington Post pernah memberitakan informasi akan 'program UFO' di Area 51 menurut keterangan Pentagon akhir tahun 2017 silam.

Area 51 dari udara (istimewa)Area 51 dari udara (istimewa)

Dijelaskan, program yang diberi nama Advanced Aviation Threat Identification Program tersebut merupakan kelanjutan program investigasi pemerintah akan fenomena UFO yang terjadi beberapa kali di rentang tahun 1950 dan 1960.

Salah satu konspirasi terbesar Area 51 yang paling populer adalah rumor akan keterlibatan pemerintah AS yang menyimpan alien serta pecahan kapalnya saat tahun 1947 silam.

BACA JUGA: Misteri Pesawat yang Terbang ke Area 51

Saat itu, seorang petani bernama William 'Mac' Brazel menemukan kepingan metal di Roswell. Kala itu ia memberitahu sheriff yang memanggil militer, di mana mereka membawa serpihan itu dengan kendaraan baja. Informasi itu pun terdengar ke khalayak dan menimbulkan rasa penasaran publik Amerika.

Fakanya, Area 51 merupakan lokasi ujicoba pesawat milik Amerika Serikat saat Perang Dunia Kedua. Menurut media Reuters, sejumlah aset militer 'rahasia' AS seperti pesawat mata-mata A-12 serta pesawat jet stealth F-117 pernah diuji di sana.

Hanya saja, kenyataan itu agaknya tak pernah bisa memuaskan rasa penasaran netizen akan Area 51. Malah, sampai ada Jalan Raya Alien yang berada dekat Area 51.

Simak Video "Setelah Tiga Tahun Renovasi, Monumen Washington Kembali Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA