Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jul 2019 07:00 WIB

TRAVEL NEWS

6 Fakta Gunung Bromo yang Alami Erupsi dan Imbauan untuk Wisatawan

Niken Widya Yunita
detikTravel
6 Fakta Gunung Bromo yang Alami Erupsi dan Imbauan untuk Wisatawan/Foto: Muhammad Aminudin
6 Fakta Gunung Bromo yang Alami Erupsi dan Imbauan untuk Wisatawan/Foto: Muhammad Aminudin

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Jakarta - Gunung Bromo meletus atau erupsi pada Jumat (19/7/2019) sekitar pukul 16.37 WIB. Bagaimana fakta gunung yang berada di Provinsi Jawa Timur itu?

Saat ini aktivitas Gunung Bromo terbilang stabil. Meski masih terdengar dentuman dan gemuruh yang disertai keluarnya asap putih tipis dari bibir kawah.
Penyebab Gunung Bromo erupsi yakni terjadi gempa vulkanik pada bulan ini diikuti gempa pada Jumat (19/7/2019).

Berikut fakta Gunung Bromo:



1. Gunung Berapi Aktif

Gunung ini merupakan gunung berapi aktif di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

2. Berada di 4 Wilayah Kabupaten

Gunung Bromo berada di empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

3. Termasuk Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo juga mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Daerah bahaya Gunung Bromo berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.



4. Sudah Lebih dari 50 Erupsi


Sejarahnya, Gunung Bromo sudah mengalami lebih dari 50 erupsi sejak 1804. Terakhir, gunung ini erupsi pada Jumat (19//7/2019). Meski demikian status Gunung Bromo level II, waspada.

5. Imbauan Untuk Wisatawan

Meski erupsi, tidak ada penutupan untuk wisatawan berkunjung ke Gunung Bromo. Petugas Pos Pengamatan Gunung Bromo, Wahyu Adrian Kusuma, menyarankan wisatawan masih bisa datang dengan radius aman 1 kilometer.


6. Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo

Nah, buat kamu yang mau ke Gunung Bromo, tiket masuk kawasan wisata Gunung Bromo berdasarkan data dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mulai 1 Juni 2019, bagi wisatawan lokal pada hari kerja yakni Rp 29 ribu. Sedangkan tarif hari libur Rp 32.500,00.

Kemudian tarif masuk kawasan wisata Gunung Semeru Rp 19 ribu pada hari kerja. Sementara di hari libur Rp 24 ribu.

Sedangkan wisatawan mancanegara yang masuk ke Gunung Bromo harus merogok kocek Rp 220 ribu di hari kerja dan Rp 320 ribu di hari libur. Kemudian tarif masuk wisman ke kawasan wisata Gunung Semeru sebesar Rp 210 ribu di hari kerja dan Rp 310 ribu di hari libur. (nwy/fay)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA