Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jul 2019 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Tidak Ada Nyamuk di Islandia?

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi nyamuk (iStock)
Ilustrasi nyamuk (iStock)
Reykjavik - Semua orang tahu, Islandia adalah negara dengan bentang alam yang indah. Tapi apa semua orang tahu, tidak ada nyamuk di Islandia.

Islandia berada di lepas daratan utama Eropa. Suatu pulau kecil yang indah dengan penduduk tak sampai 10 ribu orang. Bentang alamnya jadi sajian utama, terutama Aurora, yang menggoda traveler dunia untuk datang ke sana.

BACA JUGA: Betapa Gilanya Orang Islandia Menjaga Alamnya

Bicara soal Islandia, rupanya banyak hal uniknya. Salah satunya mungkin belum banyak orang tahu, Islandia adalah negara tanpa nyamuk!

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2019) Islandia adalah rumah dari 1.300 jenis serangga. Hanya saja, tidak ada nyamuk di sana.

Satu-satunya nyamuk di sana ada di dalam toples di Icelandic Institute of Natural History. Nyamuk itu ditangkap oleh salah seorang ahli biologi dari University of Iceland, Gislason pada tahun 1980-an.

Nyamuk itu ditangkap saat Gislason berada di dalam pesawat dari Greenland. Tepatnya, saat itu pesawatnya sudah mendarat di Bandara Islandia.

"Saya mendengar dengungannya di kabin dan saya mengejar lalu menangkapnya. Inilah satu-satunya nyamuk di Islandia," katanya.

Kota Reykjavik, ibukota negara Islandia yang tidak ada nyamuk di sana (iStock)Kota Reykjavik, ibukota negara Islandia yang tidak ada nyamuk di sana (iStock)


Mengapa tidak ada nyamuk di Islandia?

Jawabannya adalah tidak adanya genangan air sebagai tempat nyamuk meletakan telurnya. Genangan airnya bisa berupa kolam atau pinggiran danau.

Asal tahu saja, Islandia memiliki suhu yang rendah nyaris sepanjang tahun, paling dingin bisa menyentuh angka -30 derajat Celcius. Artinya, banyak danau atau kolam yang membeku sehingga nyamuk tidak punya cukup waktu untuk bertelur dan berkembang biak.

Komposisi kimiawi air, tanah, dan ekosistem umum Islandia pun tidak mendukung kehidupan nyamuk. Alhasil, nyamuk tidak dapat hidup di Islandia.

BACA JUGA: Kelakuan Polisi di Negara Paling Bahagia

Namun sayangnya, pemanasan global dapat membuat nyamuk-nyamuk hidup di Islandia. Pemanasan global membuat es-es mencair dan suhu di Bumi lebih panas, termasuk di Islandia.

Danau yang tadinya selalu membeku bakal mencair dan suhu-suhu di air pun lebih hangat. Itu bakal membuat nyamuk dapat berkembang biak di sana.



Simak Video "Keren! Mahasiswa Sumut Bikin Alat Pembasmi Nyamuk Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA