Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Agu 2019 16:49 WIB

TRAVEL NEWS

Hentakan Musik Manuk Dadali dan Tari Nusantara Bergema di Rusia

Alfi Kholisdinuka
detikTravel
Foto: Kemenpar
Foto: Kemenpar
Jakarta - Publik Rusia dibuat bergairah oleh beragam konten kreatif di Festival Wonderful Indonesia 2019. Warna-warni musik kekinian dan tradisional disajikan masif dan modern memberikan euforia tersendiri bagi publik negara Beruang Merah tersebut, salah satu yang memberikan energi positif tersebut yakni DJ Nachita.

Menurut Nachita, Lagu daerah Manuk Dadali dan Jaranan yang disajikannya dengan aransemen Electronic Dance Music (EDM) mendapatkan apresiasi yang sangat luara biasa. Semua terhentak mengikuti alunan musik dan tarian tradisional yang atraktif.

"Sambutan masyarakat Rusia untuk lagu ini sangat bagus. Kami sengaja mengemasnya dalam format EDM. Secara basic, lagu Manuk Dadali dan Jaranan sangat bagus. Jadi ketika ditransformasi ke genre apapun tetap menarik, termasuk EDM," ujar DJ Nachita dalam keterangannya, Senin (5/8/2019).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan Indonesia sangat kaya akan budaya serta kuat dengan nuansa tradisional. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Lebih menarik lagi, warna tradisional tersebut tetap sesuai kemasan kekinian. Nuansa yang muncul justru luar biasa.


"Hal ini pun menegaskan, Indonesia sebagai destinasi wisata terbaik bagi dunia. Ini yang akan muncul di depan publik Rusia," ujar Nia

Adapun Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Regional IV (Eropa) Agustini Rahayu mengatakan, kekayaan nusantara lengkap yang meliputi musik dan tarian. Keduanya pun menjadi bagian experience terbaik wisatawan bila berkunjung ke Indonesia.

"Musik dan tari menjadi kekayaan tak ternilai nusantara. Wisatawan akan mendapatkan experience terbaik bila datang langsung ke Indonesia. Bukan hanya menikmatinya, mereka bisa mengeksplorasi dengan mempelajarinya. Ada banyak sanggar di sana yang siap menyempurnakan experience wisatawan bila berkunjung ke Indonesia," imbuh Ayu.

Menampilkan 2 tariannya, Gandrung Bandung menjadi salah satu identitas Jawa Barat. Tari Gandrung Bandung biasanya ditampilkan dengan rasa kekinian. Dengan gerakan khas, Tari Gandrung Bandung pun menjadi gambaran keindahan dan keelokan Kota Kembang. Nia memaparkan, Rusia selalu kagum dengan kekayaan nusantara.


"Respon publik Rusia terhadap produk budaya nusantara sangat positif. Mereka selalu kagum dengan kekayaan budaya Indonesia. Silahkan datang dan eksplorasi negara kami. Sebab, di sana sangat eksotis baik budaya dan alamnya," katanya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kegiatan Kemenpar di Festival Wonderful Indonesia di Rusia. Menurutnya, dengan beragam potensi budaya dan alam di Indonesia, kami mengundang masyarakat Rusia untuk berkunjung. Ada banyak destinasi dengan beragam aktivitas yang bisa dikunjungi di Indonesia.

"Kami jamin mereka akan berkesan. Apa yang ditampilkan di Festival Wonderful Indonesia itu hanya sebagian kecil dari kekayaan nusantara. Silahkan ke Indonesia dan nikmati lagi. Penerbangan dari Rusia ke Bali sudah ada. Silahkan datang dan rasakan Wonderful Indonesia kami," tutup Menteri terbaik ASEAN tersebut," tutur Arief.

Simak Video "Jelang Ramadan, Kemenpar Siapkan ''Pesona Mudik 2019''"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/idr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA