Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Agu 2019 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Cara TN Tambora Rayakan Hari Konservasi Alam Nasional

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Ilustrasi Gunung Tambora (Pradikta Kusuma/dTraveler)
Ilustrasi Gunung Tambora (Pradikta Kusuma/d'Traveler)
Dompu - Pekan ini Indonesia akan merayakan Hari Konservasi Alam Nasional. TN Tambora pun punya cara berbeda untuk memaknainya.

Hari Konservasi Alam Nasional atau yang sering disebut HKAN, merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup yang ada di Indonesia yang pergelarannya dilakukan di bulan Agustus. Tahun 2019, HKAN digelar di Taman Wisata Alam Muka Kuning, Batam mulai 5-8 Agustus 2019.

Lewat moment ini, Taman Nasional Gunung Tambora akan melakukan kampanye konservasi alam pada setiap lembaga sekolah yang ada di sekitar wilayah taman.

"Dalam menyambut HKAN ini, setiap UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan khususnya Direktorat Jenderal KSDAE, melaksanakan kegiatan peringatan di masing-masing wilayah. Balai TN Tambora akan melaksanakan kampanye konservasi alam di sekolah-sekolah serta penyerahan bibit pohon buah-buahan kepada masyarakat di beberapa desa sekitar kawasan," ungkap Kepala Balai Taman Nasional Gunung Tambora, Murlan Dameria Pane, pada detikcom, Selasa (06/08/2019).

Murlan menjelaskan, HKAN merupakan hari peringatan yang memiliki tujuan untuk mengampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat, selain itu juga memiliki tujuan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam.

Kampanye yang akan digelar pada 19 Agustus 2019, sasarannya adalah lembaga sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima dan Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

"Sasarannya sekolah di wilayah Sanggar dan Pekat tapi tidak menutup kemungkinan di wilayah lain juga. Rencana seminggu full kita fokus untuk kampanye kampanye konservasi alam ini," ujarnya.

Simak Video "Pawai Budaya Dompu, Nusa Tenggara Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA