Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Agu 2019 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Alur Keberangkatan & Kedatangan di Terminal Pulogebang

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi penumpang di Terminal Pulogebang (Rengga/detikcom)
Ilustrasi penumpang di Terminal Pulogebang (Rengga/detikcom)

FOKUS BERITA

Terminal Rasa Bandara
Jakarta - Terminal Pulogebang di Jakarta Timur tak ubahnya dengan terminal bandara. Jangan bingung, berikut alur keberangkatan dan kedatangan di terminal tersebut.

Dibangun dengan konsep seperti bandara, Terminal Pulogebang juga memiliki teknis yang tak jauh berbeda. Bedanya traveler tak menunggu pesawat, melainkan bus AKAP lintas provinsi.

Sebelumnya perlu diketahui, kalau Terminal Pulogebang terbagi menjadi empat Blok (A,B,C,D). Namun, dua yang paling vital adalah Blok B (keberangkatan) dan Blok C (kedatangan).

BACA JUGA: Mengenal Seluk Beluk Terminal Pulogebang, Jangan Tersasar Ya!

Dirangkum oleh detikcom, (7/8/2019), berikut adalah alur di Terminal Pulogebang. Perlu dibaca traveler yang baru pertama kali naik bus dari sana.

Keberangkatan

Pertama, traveler masuk lebih dahulu ke dalam terminal. Biasanya, akan ada petugas keamanan yang berjaga tak jauh dari pintu masuk yang mengecek barang bawaan calon penumpang.

Setelah masuk ke dalam terminal, pengunjung mungkin akan 'disambut' oleh para agen PO Bus yaang berupaya menawarkan tiket di luar loket. Hanya abaikan saja dan berjalanlah menuju loket PO Bus resmi di lantai mezanine.

Disarankan traveler sudah mencari tahu nama PO Bus yang ingin dinaiki serta rute yang ingin dituju untuk memudahkan pencarian dan menghemat waktu. Kemudian belilah tiket dari PO Bus yang dikehendaki.

Setelah itu, berjalanlah menuju area keberangkatan (departure) yang berada di Blok B. Untuk informasi, hanya pengunjung dengaan tiket saja yang bisa masuk ke area ini. Tunggulah bus Anda tiba dan naiklah menuju destinasi tujuan.
Informasi lantai di Terminal Pulogebang (Randy/detikcom)Informasi di Blok C Terminal Pulogebang (Randy/detikcom)
Kedatangan

Traveler yang bepergian menuju Terminal Pulogebang dari destinasi awal akan tiba di area kedatangan di lantai 2 Blok C. Dari situ, traveler bisa memilih untuk melanjutkan pergi ke destinasi tujuan selanjutnya atau bertolak pergi dari terminal.

Untuk yang ingin melanjutkan perjalanan, turunlah ke lantai mezanine untuk membeli tiket di agen PO Bus yang diinginkan. Dilanjutkan dengan berjalan ke area keberangkatan di Blok B untuk menunggu bus.

Apabila kamu ingin bertolak ke Stasiun Cakung atau trayek lain di ibukota Jakarta, maka turunlah dari area kedatangan menuju Blok D. Untuk informasi, traveler bisa menemukan bus TransJakarta serta sejumlah kendaraan umum dengan trayek berbeda.

Itulah sekedar info tentang arus kedatangan dan keberangkatan di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Kalau sudah tahu alurnya, tak perlu bingung menghadapi serbuan para agen PO Bus atau tersasar di terminal.

Simak Video "H+2 Lebaran 2.277 Pemudik ke Jakarta via Pulo Gebang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)

FOKUS BERITA

Terminal Rasa Bandara
BERITA TERKAIT
BACA JUGA