Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Agu 2019 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Hiks! Induk Singa Ini Makan Dua Bayinya

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Singa di Kebun Binatang Leipzig (CNN)
Singa di Kebun Binatang Leipzig (CNN)
Leipzig - Seekor induk singa telah memakan dua anaknya yang baru lahir. itu terjadi tiga hari setelah ia melahirkan.

Seperti dilansir CNN, Jumat (9/8/2019), kejadian ini ada di dalam kawasan kebun binatang Jerman. Sontak kejadian induk singa betina membunuh dan memakan dua anaknya itu bikin rasa ngeri bagi para penjaga-penjaganya.

Kigali, nama induk singa betina itu baru pertama kali melahirkan dua anak sekaligus di Kebun Binatang Leipzig Jerman pada hari Jumat. Itu adalah anak singa pertama yang lahir di sana dalam 15 tahun terakhir.

Maria Saegebarth, juru bicara kebun binatang mengatakan bahwa singa itu awalnya merawat anak-anaknya. Namun pada Senin malam, saat merawat bayi yang baru lahir, Kigali membunuh dan memakannya.


BACA JUGA : Menginap di Hotel yang Dikelilingi 77 Ekor Singa, Berani?

Kigali tidak menunjukkan perilaku aneh sebelum memakan anak-anaknya dan makan secara normal. Kebun binatang mengumumkan kematian anak-anak singa dalam sebuah unggahan di Facebook resminya.

"Terkejut dan sedih. Kigali akan segera dikembalikan dari kandang utama, di mana dia akan dipersatukan kembali dengan Majo, ayah anak-anaknya," katanya.

Kigali memakan secara keseluruhan dari anak-anaknya itu. Oleh karenya tidak bisa dilakukan otopsi untuk menentukan apakah si bayi sakit dan telah memicu tindakan induknya itu.

 (CNN) (CNN)


"Ini semacam perilaku alami seperti yang terjadi di alam juga," kata Saegebarth.

Maren Huck, seorang dosen ekologi perilaku hewan di Universitas Derby Inggris, mengatakan bahwa singa betina kadang-kadang memakan anaknya di alam liar dan akan lebih sering terjadi di penangkaran. Ini juga terjadi pada spesies lain, seperti kucing rumahan saat pertama kali melahirkan.

"Jika anaknya sendiri bertingkah aneh dan tidak merespons seperti yang seharusnya, itu mungkin menjadi alasan bagi hewan untuk memakan anak mereka," kata Huck.

"Akan lebih mungkin terjadi di penangkaran karena lebih banyak faktor pendukungnya. Sudah diketahui bahwa jika hewan di penangkaran pasti merasa tertekan. Di sisi lain, mereka cenderung kurang gizi di kebun binatang. Di alam liar, jika betina tidak cukup sehat, dia mungkin sekali memakan anaknya," imbuh dia menjelaskan.

Kebun Binatang Leipzig dikatakannya mampu menjaga gizi hewan peliharaannya. Dan, jika itu terjadi lagi maka harus ada penelitian lanjutan apakah karena kurangnya pengalaman sebagai induk atau masalah kesehatan pada bayi.


Tonton juga travel murah cuma Rp 100 ribu di video berikut ini:

(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA