Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Agu 2019 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan ke Australia, Orang Indonesia Sukanya ke Mana?

Afif Farhan
detikTravel
Sydney Opera House, ikon terkenal dari Australia (Fitraya/detikcom)
Sydney Opera House, ikon terkenal dari Australia (Fitraya/detikcom)
Jakarta - Angka kunjungan turis Indonesia ke Australia terus meningkat. Kalau liburan ke sana, orang Indonesia sukanya ke mana sih?

"Kunjungan turis Indonesia ke Australia terus meningkat setiap tahun. Dari Mei 2018 sampai Mei 2019, tercatat 219.400 turis Indonesia datang ke Australia," kata Country Manager Indonesia dari Tourism Australia, Agitya Nuraini di kantor Tourism Australia, Jakarta pusat kepada awak media, Jumat (9/8) kemarin.

25 Persen dari angka tersebut adalah turis Indonesia yang pertama kali ke Australia. Sydney, menjadi kota atau destinasi yang paling diminati.

"Sydney dan Melbourne pasti kota-kota teratas yang dikunjungi turis Indonesia. Banyak juga yang sekarang ke Gold Coast, karena ada banyak taman rekreasi di sana," terang Agitya.

Pantai Bondi, favorit turis mancanegara di Sydney (Wahyu Setyo/detikcom)Pantai Bondi, favorit turis mancanegara di Sydney (Wahyu Setyo/detikcom)


Menurut Agitya, orang Indonesia suka mendatangi Australia karena tempat wisata yang Instagramable, merasakan pengalaman bermain salju dan mencicipi berbagai kuliner. Apalagi anak-anak muda atau anak-anak milenial hobi berfoto dan memposting di sosial media.

"Memang banyak kafe yang Instagramable di Melbourne atau Perth, mural-mural di sudut-sudut kotanya pun keren," ujarnya.

"Sekarang pun banyak orang Indonesia datang ke Australia untuk nonton konser atau mendatangi suatu festival," tambahnya.

Dalam data dari Tourism Australia, 5 destinasi teratas di Australia yang suka dikunjungi turis Indonesia adalah Sydney, Melbourne, Perth, Brisbane, Canberra dan Darwin. Tiap kota, menawarkan pengalaman liburan tersendiri.

BACA JUGA: Mengenal Australia Barat yang Penuh Pesona dan Dekat Indonesia

Selain itu, membuat visa ke Australia lebih mudah karena bisa lewat online dan bisa dapat multiple-entry. Artinya sekali bikin visa, bisa bolak-balik ke sana dalam jangka waktu 3 tahun.

"Kita akui, multiple-entry membuat kunjungan turis Indonesia ke Australia meningkat. Tahun 2019, posisi Indonesia naik satu peringkat ke nomor 11 dalam daftar negara paling banyak yang mengunjungi Australia," papar Agitya.

Melbourne punya berbagai taman yang cantik (Shinta Angriyana/detikcom)Melbourne punya berbagai taman yang cantik (Shinta Angriyana/detikcom)


Banyaknya penerbangan ke Australia dan mudahnya memilih penginapan lewat berbagai platform membuat liburan ke sana makin mudah. Kini, Australia pun menawarkan campaign 'UnDiscover Australia' yang mengajak turis mengenal berbagai destinasi indah di Australia yang belum banyak orang tahu.

"Ada banyak sekali destinasi di Australia yang belum kita tahu. Kita juga mempromosikan wisata road trip, naik mobil jelajahi Australia. Seru banget lho," tutup Agitya.

Simak Video "Berpelesir ke Melbourne, Kamu Bakal Temukan 5 Hal Menarik Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA