Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Agu 2019 19:00 WIB

TRAVEL NEWS

Strategi Promosi Pariwisata Bintan Lewat Event Ironman 70.3 2019

Akfa Nasrulhaq
detikTravel
Foto: Kemenpar
Foto: Kemenpar
Bintan - Perhelatan akbar Ironman 70.3 bakal kembali menyapa pencinta sport tourism. Digelar di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), tahun ini lomba triatlon tersebut bakal menyiapkan track berupa suguhan keindahan alam untuk menyapa para peserta.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, perhelatan yang digelar Minggu (25/8/2019) itu bakal menjanjikan. Apalagi perhelatan ini diadakan di Lagoi yang merupakan pusat pengembangan pariwisata. Spotnya menakjubkan dengan hamparan pantai berpasir putih, laguna, fasilitas lengkap, dan hotel kelas satu.

"Ironman 70.3 sudah pasti bakal membuai para peserta. Tracknya memang dirancang khusus menyusuri keindahan Bintan. Sangat keren. Makanya perhelatan ini selalu dibanjiri peserta dari berbagai negara," kata Arief, dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/8/2019).

Arief menambahkan, dalam cabang bersepeda, para peserta akan melewati rute sepanjang 90 kilometer yang 70 kilometer di antaranya adalah kawasan permukiman penduduk di pesisir pantai serta perkampungan. Bonusnya hutan bakau yang rimbun dan deretan pohon kelapa. Mereka pun akan menikmati pemandangan perbukitan yang begitu indah di Bintan.


Mereka akan melibas track renang yang fantastis di teluk Lagoi. Selain itu, cabang lari pun tak kalah berkelas dengan track-nya yang cukup menantang di dalam kawasan Lagoi. Apalagi tahun ini panitia menyediakan sejumlah titik rain shower yang menyemprotkan air di jalur lomba untuk menyegarkan para peserta.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, gengsi Ironman 70.3 Bintan selalu meningkat setiap tahunnya sebagai balapan ikonik di Asia Tenggara. Selain balapan utama, tahun ini acara juga akan disorot dengan sejumlah kegiatan sampingan.

"Ini termasuk Meet the Pro di mana peserta dapat bertemu dan berbaur dengan triatlet profesional. Bahkan peserta berkesempatan mendapatkan foto dan tanda tangan dari mereka. Jadi banyak sekali pembaharuan yang akan memanjakan peserta," kata Esthy.

Terpisah, Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa mengatakan, lomba triatlon yang satu ini nggak cuma menarik perhatian wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Bahkan, Ironman 70.3 Bintan dinobatkan sebagai balap triatlon jarak jauh terbaik di Asia, dengan pesona alam yang mengagumkan. Hal ini semakin menobatkan Kepri sebagai salah satu destinasi sport tourism terbaik di Indonesia.


"Penyelenggaraan event sport tourism memperkuat posisi Bintan bahkan Kepri sebagai destinasi kelas dunia. Perhelatannya selalu dibanjiri wisatawan. Ini jelas membawa dampak positif bagi pariwisata Bintan dan juga Kepri," ujar Rizki.

Senada dengan Rizki, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Wan Rudi Iskandar menuturkan pemerintah daerah selalu siap dalam menyambut event Ironman 70.3. Menurutnya, tingkat kepuasan para peserta setiap tahunnya sangat tinggi. Terlebih event ini sudah masuk tahun ketiga dan menjadi bagian dalam Top 100 dan Top 10 Calender of Event Kementerian Pariwisata.

"Wisatawan yang datang minimal stay di Bintan itu tiga hari. Pertama dia latihan, lalu lomba, dan terakhir istirahat sambil liburan. Kalau wisatawan mancanegara itu jarang sendiri, pasti bawa supporter atau orang lain. Makanya kami pun selalu berusaha memberikan yang terbaik. Sekaligus kami drive untuk memperkenalkan berbagai potensi lain pariwisata Bintan," ujar Rudi.

Simak Video "Ubud Akan Jadi Percontohan Destinasi Kuliner Kelas Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(idr/idr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA