Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Agu 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ayo! Bantu Jokowi Cari Menteri Pariwisata

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Presiden Jokowi di Labuan Bajo (Agus Suparto/Fotografer Jokowi)
Presiden Jokowi di Labuan Bajo (Agus Suparto/Fotografer Jokowi)
Jakarta - Pariwisata diharapkan menjadi masa depan perekonomian Indonesia. Siapa nih kira-kira calon Menteri Pariwisata yang cocok untuk Presiden Joko Widodo.

Pariwisata adalah bidang yang menarik dengan interaksi antara pemerintah, pelaku industri pariwisata dan tentunya para wisatawan yang jumlah terus meningkat dengan pesat. Siapa sosok menteri yang tepat untuk mengatur ini semua?

Detikers bisa memberikan usulan lewat program 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Caranya mudah yaitu dengan mengisi form survei berikut ini.

Sebagai gambaran, Presiden Jokowi melalui Perpres No 19/2015 sudah menggariskan tugas pokok dan fungsi seorang Menteri Pariwisata. Ada sejumlah tugas yang diembannya sebagai berikut:

a. Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang pengembangan destinasi dan industri pariwisata, pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara, pengembangan pemasaran pariwisata nusantara, dan pengembangan kelembagaan kepariwisataan;

b. Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan destinasi dan industri pariwisata, pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara, pengembangan pemasaran pariwisata nusantara, dan pengembangan kelembagaan kepariwisataan;

c. Pelaksanaan kebijakan di bidang pembangunan dan perintisan daya tarik wisata dalam rangka pertumbuhan destinasi pariwisata nasional dan pengembangan daerah serta peningkatan kualitas dan daya saing pariwisata;

d. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pengembangan destinasi dan industri pariwisata, pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara, pengembangan pemasaran pariwisata nusantara, dan pengembangan kelembagaan kepariwisataan;

e. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Pariwisata;

f. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pariwisata; dan

g. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Pariwisata.

Nah, kira-kira siapa tuh figur-figur yang ada saat ini, yang bisa menjalankan tugas tersebut. Ayo sampaikan usulanmu!

Selain mengusulkan nama Menteri Pariwisata, Detikers bisa menyumbangkan saran nama menteri lain untuk Jokowi lewat survei di detik.id/carimenteri.

Survei dibuka pada 12-19 Agustus 2019. Ada hadiah total Rp 10 juta untuk 20 Detikers beruntung yang mengisi lengkap usulan nama calon menteri beserta posisinya saat ini.

Nama-nama usulan menteri dari Detikers nantinya akan dibahas oleh tim pakar dan dikerucutkan menjadi 6 nama setiap kementerian. Sosok mereka akan dipublikasikan dan Detikers bisa kembali memilih lewat survei. Nah, 3 nama calon menteri plus nama menteri incumbent akan diserahkan kepada Presiden Jokowi sebagai masukan masyarakat untuk kabinet lima tahun ke depan.

Ini bukan pertama kalinya detikcom membantu Jokowi mencari menteri. Pada 2014, detikcom mengadakan 'Seleksi Menteri' dan beberapa nama dari program tersebut masuk ke Kabinet Kerja 2014-2019.

Siap 'Bantu Jokowi Cari Menteri'? Yuk isi surveinya sekarang!

Simak Video "Wishnutama Jamin Tak Mengecilkan Bekraf di Kementeriannya"
[Gambas:Video 20detik]
(imk/van)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA