Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Agu 2019 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Pesawat Ramah Lingkungan Pertama yang Bakal Mengudara

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: (Ampaire/CNN)
Foto: (Ampaire/CNN)
Jakarta - Pesawat hibrida yang ramah lingkungan menjadi masa depan penerbangan. Maskapai di Hawaii akan menjadi yang pertama mengoperasikannya.

Melansir CNN, Rabu (21/8/2019), adalah Mokulele Airlines yang akan menerbangkan pesawat itu di sekitar Kepulauan Hawaii. Rencananya ada di akhir tahun ini.

Perusahaan pembuat pesawat Ampaire yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat telah mengumumkan hal itu. Mereka akan memulai pengujian pesawat yang sebagian mesinnya ditenagai oleh listrik.

Mungkin inilah langkah signifikan menuju penerbangan ramah lingkungan. Ampaire berharap untuk mengurangi emisi CO2 dan mengatasi biaya operasi yang tinggi.

Bernama Ampaire Electric EEL, merupakan pesawat Cessna 337 Skymaster yang dikonfigurasi ulang. Modifikasi itu memungkinkan pesawat dapat terbang dengan satu mesin konvensional dan satu motor listrik.

Di penerbangan awal, mitranya adalah dengan Mokulele yang berbasis di Hawaii. Diharapkan pesawat itu mendapatkan sertifikasi FAA pada 2021 agar memungkinkan masuk ke layanan komersial penuh.

 (Ampaire/CNN) (Ampaire/CNN)


CEO Ampaire Kevin Noerteker mengakui bahwa membangun pesawat listrik memang sangat mahal. Teknologi hibrida adalah cara yang lebih murah dan juga bisa memulai pengurangan emisi.

Modifikasi pesawat Cessna 337 adalah langkah pertama sebelum listrik sepenuhnya. Pesawat yang akan digarap adalah pesawat wisata yang dapat diisi hingga 19 penumpang.

Karena, saat ini belum ada kekuatan baterai dan mesin listrik yang matang. Maka, konsep pesawat zero karbon yang mampu menampung sembilan penumpang adalah fokus mereka.

Cessna 337 Skymaster adalah pesawat dengan enam tempat duduk yang telah beroperasi sejak awal 1960-an. Biasanya, pesawat ini dipakai maskapai kecil saja.

Di Paris Air Show tahun ini, Israel Eviation Aircraft mengatakan maskapai AS Cape Air akan menjadi pelanggan pertama untuk pesawat listriknya. Dijuluki Alice, mereka yakin memperoleh sertifikasi pada tahun 2021.

Sementara itu, perusahaan besar Airbus sedang mengerjakan proyek listrik hibrida E-Fan X. Bentuk pesawatnya seperti burung predator dengan mesin hibrida juga.

 Bird of Prey Airbus (Airbus/CNN) Bird of Prey Airbus (Airbus/CNN)


Simak Video "Waduh! Pesawat Ini Tiba-tiba Mendarat di Tengah Jalan Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA