Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Sep 2019 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Rayakan Hari Jadi, Lombok Timur Punya Parade 1.000 Dulang

Harianto Nukman
detikTravel
Parade 1000 Dulang (Dispar Lombok Timur)
Lombok Timur - Ribuan warga mengikuti parade 1.000 dulang. Kegiatan itu untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lombok Timur yang ke-124.

Kegiatan itu sekaligus bertepatan dengan perayaan tanggal 1 Muharam pada Sabtu siang (31/8) kemarin. Ada sekitar 1000 dulang yang ditutup tembolaq merah dibawa ribuan perempuan Sasak dari penjuru desa yang ada di Lombok Timur.

Peserta parade yang perempuan menggunakan pakaian khas Sasak yaitu lambung, lengkap dengan tongkaq atau lempot yang melilit pinggang. Pakaian yang melambangkan kesopanan dan kesuburan.

Peserta pria juga menggunakan pakaian adat Sasak yang disebut pegon, lengkap dengan dodot, keris dan sapuk yang melambangkan penghormatan dan penyerahan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Rayakan Hari Jadi, Lombok Timur Punya Parade 1.000 DulangFoto: (Dispar Lombok Timur)


Ribuan dulang yang dibawa berisikan makanan khas masyarakat Sasak. Selain dulang ada kendi, tempat air minum yang terbuat dari tanah liat.

Deretan panjang parade dulang sebagai simbol semangat gotong-royong warga Lombok Timur yang tetap terpelihara hingga saat ini.

"Itu isinya makanan untuk makan siang atau makan malam. Bisa juga isinya makanan ringan tradisional Sasak," ucap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur, HM Mugni, Minggu (1/9/2019).

Rayakan Hari Jadi, Lombok Timur Punya Parade 1.000 DulangFoto: (Dispar Lombok Timur)


Dia juga menjelaskan dulang sebagai simbol gotong-royong masih terpelihara di tengah masyarakat Lombok Timur.

"Dulang dalam budaya Sasak adalah lambang gotong royong. Biasanya dibuat untuk membantu keluarga atau tetangga yang pesta hajatan. Lambang kebersamaan karena makan dilakukan bersama-sama. Baik berdua, bertiga atau berempat. Itu biasa kita sebut dengan istilah makan begibung," jelasnya.

Parade seribu dulang yang dibawa dari tiap desa dan kelurahan di Kabupaten Lombok Timur tersebut dimeriahkan dengan seni musik tradisional gendang belek, klenang, rebana duduk, rebana lima dan bentuk lain kesenian yang ada di desa.

Rayakan Hari Jadi, Lombok Timur Punya Parade 1.000 DulangFoto: (Dispar Lombok Timur)


Acara puncak hari ulang tahun ke-124 Kabupaten Lombok Timur itu sekaligus untuk menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah. Pawai dulang dikoordinir oleh masing-masing camat dan berbaris per kecamatan.

Selamat Hari Jadi Lombok Timur.

Simak Video "Viral! Video Pendaki Gunung Dugem Massal Diduga di Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA