Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Sep 2019 22:57 WIB

TRAVEL NEWS

Meriahnya Karnaval Heritage Lombok-Sumbawa di APGN 2019

Harianto Nukman
detikTravel
Foto: (Harianto Nukman/detikcom)
Foto: (Harianto Nukman/detikcom)
Mataram - Karnaval Heritage Lombok Sumbawa, menyajikan beragam seni budaya NTB. Itu jadi rangkaian Simposium Asia Pasicific Geopark Network (APGN) yang ke-6.

Semua daerah yang ada di NTB turut serta menampilkan keunikan tradisi yang dimilikinya. Gelaran budaya itu berlangsung meriah, menyajikan pelbagai fashion tradisional, atraksi seni, hingga beragam kuliner turut ditampilkan.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah pada Minggu (1/9/2019). Dalam sambutannya, Sitti Rohmi menyatakan karnaval budaya sebagai momentum untuk menunjukan NTB sangat indah dan nyaman untuk dikunjungi.

"Semoga seluruh dunia bisa melihat bahwa NTB siap menerima seluruh visitornya," tutur Sitti Rohmi yang mengenakan Lambung, pakaian tradisional khas Lombok.

Meriahnya Karnaval Heritage Lombok-Sumbawa di APGN 2019Foto: (Harianto Nukman/detikcom)


Rangkaian karnaval juga menampilkan demo membuat cerorot. Cara pembuatan jajanan tradisional khas Lombok ini langsung diperagakan oleh Sitti Rohmi. Tak hanya cara membuat, cara memakan jajanan cerorot ini pun dipraktekkannya di hadapan para peserta Simposium APGN.

Koordinator APGN, Prof He Qiencheng yang hadir bersama puluhan delegasi peserta sidang dari 30 negara itu menyatakan kekagumannya dengan carnaval haritage.

Qiencheng juga ikut demo membuat bungkus jajanan cerorot dari janur kuning. "So delicious," katanya sembari mencicipi.

BACA JUGA: Keindahan Gili Trawangan Dipuji Anggota UNESCO

Meriahnya Karnaval Heritage Lombok-Sumbawa di APGN 2019Foto: (Harianto Nukman/detikcom)


Seorang peserta UGG dari Thailand juga mengaku takjub dengan keindahan Lombok. "Lombok is nice, very beautiful and good food," ujarnya melalui microphone saat ditanya pembawa acara yang disambut riuh tepuk tangan dari tamu lainnya.

Kebanggaan masyarakat NTB sebagai tuan rumah Simposium APGN ini juga ingin membangkitkan kembali optimisme akan pulihnya pariwisata NTB pascagempa yang terjadi setahun yang lalu.

Meriahnya Karnaval Heritage Lombok-Sumbawa di APGN 2019Foto: (Harianto Nukman/detikcom)




Simak Video "Tradisi Dile Jojor, Lombok "
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA