Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Sep 2019 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

BJ Habibie dan Mimpinya untuk Majukan Pariwisata Batam

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi BJ Habibie (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Ilustrasi BJ Habibie (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Batam - Menyebut nama pariwisata Batam tak bisa lepas dari mendiang BJ Habibie. Beliau lah punya banyak andil membangun Batam hingga jadi seperti dewasa ini.

Hal itu pun diungkapkan oleh Kadisparprov Kepri, Buralimar pada detikcom via pesan singkat, Kamis (12/9/2019). Mengenang sosok BJ Habibie, disebutnya beliau sebagai orang visioner yang memajukan pariwisata Batam.

"Sejak 1978 Habibie telah menetapkan Batam sebagai destinasi pariwisata. BJ Habibie itu visioner, dia telah menetapkan Pulau Batam sebagai daerah perdagangan, industri, alih kapal dan Pariwisata," ujar Buralimar.

Mundur ke tahun 1973, saat itu BJ Habibie diberi mandat oleh Presiden Soeharto untuk mengambil alih pengembangan Pulau Batam pasca kejayaan Pertamina.

Berbatasan langsung dengan Singapura, BJ Habibie merasa kalau Pulau Batam saja masih begitu kecil untuk menandingi negeri tetangga. Kemudian, muncullah inisiatif untuk menyatukan lima pulau lain lewat Jembatan Barelang yang menghubungkan keenam pulau sekitar melalui enam jembatan terpisah.

BACA JUGA: Jembatan Barelang, Warisan Mendiang BJ Habibie di Batam

Tak tanggung-tanggung, Keluarga BJ Habibie membentuk PT Pollux Barelang Megasuperblok atau yang biasa dikenal dengan Pollux Habibie International untuk mengembangkan megasuperblok Meisterstadt seperti tertulis di laman situs Pollux.

Namun, Buralimar punya catatan terkait pengembangan pariwisata di Batam. Disebutnya, para pemangku kepentingan sedikit terlena dan terlambat membangun sektor pariwisata di Batam.

"Hanya saja kita terlena dengan industri dan perdagangan. Setelah era industri dan perdagangan menurun, sektor pariwisata jadi pilihan. Mungkin 4-5 tahun terakhir ini kita baru focus benar-benar ke sektor pariwisata," ujar Buralimar.

Terakhir, Buralimar mengucapkan terima kasih banyak pada mendiang BJ Habibie atas kontribusinya membangun Batam.

"Semoga almarhum mendapat pahala yang banyak dari kerja rencana yang selama ini beliau jalankan," tutup Buralimar.

Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA