Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Sep 2019 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Fakta-fakta Ular Raksasa Korban Kebakaran Hutan Kalimantan

Syanti Mustika
detikTravel
1

Juga Disebut Tangkaluk, Sering Dikaitkan dengan Legenda

Halaman 2 dari 2

Foto: (Facebook/Johan Michael Median Pasha)

Oleh warga Kalimantan, ular ini biasa disebut Tangkalaluk. Akibat sosoknya yang misterius dan jarang dilihat orang, ular ini pun sering disangka sebagai makhluk astral. Ular yang masuk dalam keluarga Phytonidae ini memang bisa tumbuh hingga mencapai ukuran raksasa; panjang sampai 10 meter, dengan berat mencapai 180 kilogram.

"Sanca kembang adalah ular piton terpanjang di dunia. Dan ular besar yang ada di Kalimantan dan Sumatera bisa disebut giant python. Karena ular ini bisa tumbuh sampai maksimal panjangnya 11 meter," lanjutnya.

Untuk habitatnya, ular piton hidup di hutan-hutan yang jauh dari jangkauan manusia. Mereka suka bersembunyi dan mengintai untuk berburu makanan.

"Ular piton berukuran raksasa hidup di hutan yang jauh dari jangkauan manusia atau kehidupan manusia. Mereka hidup bersembunyi untuk berburu mangsa. Setelah mengintai mangsanya, di saat ada kesempatan dia akan menyerang buruannya dan melilit dan mengunci dengan ekornya," tambahnya.

Tekait dengan ular raksasa, Panji pun mengungkapkan bahwa beberapa daerah di Indonesia menyebut ular yang berukuran besar memang tidak jarang dikait-kaitkan dengan legenda dan bahkan punya panggilannya masing-masing.

"Di daerah-daerah tertentu, ular piton dengan keadaan khusus yang tumbuh secara tidak biasa atau normal disebut atau dikaitkan dengan sosok raja piton, ular jin, atau ular legenda. Namun, sebenarnya sosok raksasa itu mengarah ke ular sanca tadi, yang panjangnya bisa mencapai 11 meter," tutup Panji.

(sym/krs)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA