Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 20 Sep 2019 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Serba-serbi Dunia Ular di Indonesia

Syanti Mustika
detikTravel
1

Ular Ratusan Juta

Halaman 2 dari 3

Foto: Dok. Mark Kostich/iStock

Ular adalah salah satu hewan yang menarik untuk dikenali. Jadi jangan heran bila banyak komunitas reptil Indonesia yang punya ragam koleksi ular yang sering dipamerkan.

"Perlu kita ketahui, ular dengan warna eksotis dan sisik indah yang disukai kolektor dunia adalah rata-rata berasal dari Indonesia. Harganya saja di sana bisa mencapai ratusan juta per ekor. Sedangkan di Indonesia sering kali dibunuh dan dikaitkan dengan mitos ular siluman. Padahal itu hanyalah ular yang mengalami kelainan genetik," lanjut Panji.

Serba-serbi Dunia Ular di IndonesiaKing kobra putih (Panji Petualang/Istimewa)

Indonesia juga menjadi rumah bagi ular yang masuk jajaran terpanjang di dunia, yaitu sanca kembang atau Reticulated python/Python reticulatus, yang dalam kebakaran hutan di Kalimantan turut menjadi korban.

"Sanca kembang adalah ular piton terpanjang di dunia dan Indonesia adalah salah satu habitat terbesar ular ini. Ular sanca bisa berkembang hingga panjang meksimal 11 meter. Ular piton ini bisa kamu temukan di Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Sulawesi," kata Panji.

Kurangnya pengetahuan akan ular sering kali membuat kita beranggapan bahwa semua ular berbahaya. Padahal menurut Panji dari lebih 2.900 spesies ular yang ada di dunia hanya 375 spesies di antaranya yang berbisa.

"Dari lebih 2.000 an spesies ular, hanya 20 persen saja yang ular berbisa. Selebihnya itu ular-ular pembasmi hama yang tidak berbahaya. Dan ular-ular besar yang ada di hutan, seperti yang ditemukan terbakar di Kalimantan Tengah itu adalah pembasmi hama seperti babi hutan," tambahnya.



(Halaman selanjutnya: Bagaimana Membedakan Ular Berbisa atau Tidak?)

(sym/krs)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Pelimpahan Tahap II Kasus Ferdy Sambo
Pelimpahan Tahap II Kasus Ferdy Sambo Selengkapnya