Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Sep 2019 08:25 WIB

TRAVEL NEWS

Panji Petualang Tak Fokus Ular Saja, Miris Juga dengan Karhutla

Syanti Mustika
detikTravel
Ular korban kebakaran hutan Kalimantan. (Foto: Facebook/Johan Michael Median Pasha)
Ular korban kebakaran hutan Kalimantan. (Foto: Facebook/Johan Michael Median Pasha)
Jakarta - Tak cuma membahas ular korban kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Panji Petualang juga miris dengan kondisi itu secara umum.

Panji terkenal sebagai penggiat reptil alias reptiler. Ia pun mengoleksi banyak ular. Tetapi pada dasarnya Panji juga merupakan seorang pencinta hewan yang seringkali berpetualang di alam.

Itu mengapa Panji mengaku sangat miris dengan karhutla yang melanda beberapa wilayah saat ini dan di antaranya memviralkan bangkai "ular raksasa" berjenis piton yang jadi korban kebakaran di hutan Kalimantan.




"Miris ya, sedih karena hutan sangat kita butuhkan untuk banyak hal seperti udara, fungsinya sangat vital bagi manusia," ucap Panji dalam percakapan dengan detikcom.

"Mirisnya adalah faktor penyebab kebakaran adalah pembukaan lahan dengan cara bakar. Intinya tak akan mudah memulihkan fungsi hutan," imbuhnya.




Berkaitan dengan itu, ia pun berharap karhutla segera teratasi dan kemudian perhatian terhadap lingkungan alam sekitar menjadi lebih besar lagi di masa depan.

"Harapan makin banyak orang sadar melestarikan alam, toh juga untuk kita juga bukan hanya untuk hewan. Yang menderita kan nantinya juga kita," ujar Panji.

Selain "ular raksasa" itu, ada pula ular jenis "ular berkaki" yang viral setelah jadi korban kebakaran hutan Riau. Ular yang mati terbakar itu memperlihatkan bagian putih mencuat bagaikan kaki di dekat ekor. Panji menegaskan bagian itu adalah alat kelamin ular berjenis King Cobra tersebut.






Simak Video "BNPB: Pejabat Daerah Kurang Peduli Menangani Karhutla"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA