Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Sep 2019 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Viral 'Ular Raksasa', 'Ular Berkaki', dan Ancaman Karhutla

Tim
detikTravel
1

Ramai 'Ular berkaki' dan Seriusnya Ancaman Karhutla

Halaman 2 dari 2

Ular korban karhutla Riau. (Foto: Youtube)

Selain "ular raksasa" di Kalimantan, kasus viral lain terkait korban kebakaran karhutla adalah temuan "ular berkaki" pada kebakaran hutan di Riau.

Ditelisik Panji Petualang berdasarkan ciri, ular yang terbakar dalam kebakaran hutan di Riau itu adalah seekor king kobra jantan. Benda yang menyerupai kaki di dekat ekornya disebutnya sebagai alat reproduksi/kelamin ular.

Secara umum, viralnya "ular raksasa" dan "ular berkaki" yang terjadi di dua pulau berbeda paling tidak bisa mengingatkan masyarakat umum mengenai topik kebakaran hutan di Tanah Air.

Seberapa besar manusia terdampak langsung? Bagaimana imbasnya ke flora dan fauna setempat, yang niscaya juga akan berimbas ke manusia di sekitar wilayah itu?

Viral 'Ular Raksasa', 'Ular Berkaki', dan Ancaman KarhutlaUsaha pemadaman api di karhutla Riau. (Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

"Miris ya, sedih karena hutan sangat kita butuhkan untuk banyak hal seperti udara, fungsinya sangat vital bagi manusia," ucap Panji Petualang dalam percakapan lain dengan detikcom mengenai kebakaran hutan.

"Harapan makin banyak orang sadar melestarikan alam, toh juga untuk kita juga bukan hanya untuk hewan. Yang menderita kan nantinya juga kita," lanjut pria yang juga dikenal sebagai pencinta hewan dan seringkali berpetualang di alam.

Senada ucapannya itu, kebakaran hutan memang semestinya jadi perhatian kita semua. Apalagi hal ini juga sudah disoroti pihak asing mengingat negara-negara tetangga Indonesia pun sudah kena imbasnya.

(krs/aff)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA