Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Okt 2019 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Arab Saudi Terbuka bagi Turis, Tapi Tidak di Makkah dan Madinah

Afif Farhan
detikTravel
Umat Muslim di Masjidil Haram (Ardhi Suryadhi/detikcom)
Umat Muslim di Masjidil Haram (Ardhi Suryadhi/detikcom)
Jakarta - Arab Saudi kini terbuka bagi turis mancanegara, termasuk yang bukan Muslim. Tetapi dua kota suci, Makkah dan Madinah, hanya boleh dikunjungi umat Muslim.

Arab Saudi mengejutkan dunia. Baru-baru ini, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan visa turis yang berlaku bagi 49 negara. Visa ini nantinya memudahkan kunjungan turis ke sana.

BACA JUGA: Mimpi Setinggi Langit Pariwisata Arab Saudi

Arab Saudi pun punya website yang berisi paduan turis untuk menjelajahi negaranya. Website bernama Visit Saudi menampilkan banyak informasi mengenai destinasi, paduan transportasi umum, keterangan budaya dan lainnya.

Seperti kita tahu, Arab Saudi merupakan negara yang penting bagi umat Muslim di dunia. Di sana terdapat Makkah dan Madinah, dua kota suci.

Umat Muslim melakukan ibadah Haji di Masjidil Haram, MakkahUmat Muslim melakukan ibadah Haji di Masjidil Haram, Makkah (Fuad Fariz/detikcom)


Kabbah di Masjidil Haram, Makkah merupakan kiblat salat bagi umat Muslim. Sedangkan di Madinah, terdapat makam Nabi Muhammad sang nabi terakhir.

Makkah dan Madinah pun merupakan pusat ibadah haji dan umrah bagi umat Muslim. Ibadah haji masuk dalam rangkaian Rukun Islam, yang wajib dikerjakan jika mampu.

Masjid Nabawi yang indah dan bersejarah peninggalan Nabi MuhammadMasjid Nabawi yang indah dan bersejarah peninggalan Nabi Muhammad (Antara Foto/Aji Styawan)


BACA JUGA: Mega Proyek Pariwisata Arab Saudi

Pertanyaannya terkait dengan Arab Saudi membuka diri untuk turis, bolehkah turis yang bukan Muslim datang ke Makkah dan Madinah?

detikcom melakukan penelusuran di website Visit Saudi dan berbagai media internasional, Kamis (3/10/2019). Visit Saudi memberikan informasi mengenai Makkah, ditegaskan bahwa Makkah hanya boleh dikunjungi umat Muslim.

"The city of Makkah itself is only accessible to Muslims," tulis keterangannya.

BACA JUGA: FOKUS: Kejutan Pariwisata Arab Saudi

Visit Saudi menjelaskan mengenai informasi Haji dan ibadah umat Muslim di Makkah. Lalu, Visit Saudi menjelaskan destinasi di sekitar Makkah yang bisa dikunjungi turis yang bukan Muslim, seperti Jeddah.

BBC melalui artikel berjudul 'Saudi Arabia to open up to foreign tourists with new visas', juga menjelaskan soal Makkah dan Madinah. Dijelaskan, turis yang bukan Muslim dilarang datang ke dua kota tersebut.

Pemerintah Arab Saudi pun mempromosikan berbagai destinasi lain di negaranya. Selain Makkah dan Madinah, terdapat banyak destinasi yang bisa menawan turis. Sebut saja Mada'in Saleh yang punya panorama seperti Kota Kuno Petra, Jebel Fihrayn yang disebut sebagai ujung dunia dengan formasi bebatuan menawan, Al Ahsa suatu oasis yang masuk Situs Warisan Dunia UNESCO dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA: Karena Arab Saudi Bukan Cuma Makkah dan Madinah



Simak Video "Respons Twitter Ada Mantan Karyawannya Dituduh Memata-matai "
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA