Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Okt 2019 08:20 WIB

TRAVEL NEWS

Nggak Bercanda! Nih Lihat Tato Doraemon di Tangan Yakuza

Afif Farhan
detikTravel
Tato Yakuza bergambar Doraemon di jari tangannya (BBC/Anton Kusters)
Tato Yakuza bergambar Doraemon di jari tangannya (BBC/Anton Kusters)
Tokyo - Yakuza merupakan mafia ala Jepang. Terkenal dengan tato-tato yang gahar. Tapi tato di tangan yakuza yang satu ini malah bergambar Doraemon.

Kalau kamu suka dengan segala hal tentang Jepang, pasti tahu tentang Yakuza. Yakuza merupakan suatu sindikat terorganisir di Jepang yang sudah berusia ratusan tahun. Bisa dibilang, mafia ala Jepang.

BACA JUGA: Tato-tato Yakuza

Dilansir dari BBC, Minggu (6/10/2019), seorang pria bernama Anton Kusters menceritakan pengalamannya bekerja dengan Yakuza pada periode 2009-2011. Anton mengungkapkan berbagai hal soal Yakuza, terutama tatonya.

"Peran tato krusial bagi anggota-anggota Yakuza," terang Anton.

Bagi Yakuza, tato bukanlah suatu penanda geng/kelompok tertentu seperti di Amerika Tengah dan Utara. Bagi Yakuza, tato merupakan suatu simbol kepribadian atau kejadian yang dialami oleh anggota Yakuza. Suatu simbol yang begitu bermakna, bisa jadi jalan hidupnya atau peristiwa besar dalam hidupnya.

Tato pada anggota Yakuza pun bisa menutupi sekujur tubuh dari punggung, ke bokong, bagian atas paha, hingga lengan. Namun, karena tato mendapat stigma di kalangan masyarakat Jepang, tato kerap berhenti sampai sebelum pergelangan tangan dan lutut.

(BBC/Anton Kusters)(BBC/Anton Kusters)


BACA JUGA: Danau Terjernih di Jepang yang Tak Bisa Disentuh

Dalam foto-foto yang dibagikan Anton kepada BBC, ada satu foto yang menarik perhatian. Foto tersebut menampilkan telapak tangan seorang anggota Yakuza yang memiliki banyak tato.

Bisa jadi, tangan anggota Yakuza ini merupakan seorang senior atau dituakan. Sebab itu tadi, biasanya Yakuza tidak menato bagian tangan sampai telapak tangan karena terlalu terekspos dan dinilai negatif oleh warga Jepang.

Menariknya pada foto ini, terlihat ada tato bergambarkan Doreamon! Itu terlihat jelas di bagian jari tangan kanannya (sisi sebelah kiri foto).

(BBC/Anton Kusters)(BBC/Anton Kusters)

Tidak hanya Doraemon, tapi ada juga Dorami (adiknya Doraemon) dan Nobita. Tentu kita tahu, Doraemon adalah serial kartun terkenal di Jepang dengan kantong ajaib berisi benda-benda canggih dari masa depan.

Jika diperhatikan fotonya lebih dekat, terlihat jari kelingking bagian tangan kanan anggota Yakuza ini putus. Usut punya usut, bagi anggota Yakuza ada tradisi potong jari.

Tradisi potong jari dilakukan jika ada seorang anggota Yakuza melakukan kesalahan. Mungkin, hal itu sebagai penebus dosa dan lambang keloyalan.

Kembali soal tato bergambar Doraemon, Anton tidak menjelaskan lebih rinci. Dia sekali lagi menekankan, makna suatu tato bagi orang Yakuza.

"Tato adalah suatu gambaran pribadi bagi seseorang," tegas Anton.



Simak Video "Cara Unik Stasiun di Jepang Beri Tanda untuk Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA