Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Okt 2019 17:25 WIB

TRAVEL NEWS

Kebakaran Hutan di Gunung Tambora Terus Terjadi

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Dompu - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Tambora NTB masih terus terjadi. Api bermunculan di beberapa pos atau pintu masuk pendakian.

Petugas gabungan dari BTN, Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api, Tni dan Polri terus bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran susulan.

"Kemarin memang ada kebakaran tapi lokasinya di bagian bawah. Pemadaman dilakukan bersama petugas. Selama padamkan api, petugas tidak pernah ngecamp di lokasi, walaupun madamkan api sampai dengan malam hari. Kebakaran umumnya terjadi di kawasan TNT adalah kebakaran bawah (savana, semak dan tumbuhan bawah lainnya dan seresah)," ungkap Kepala Balai TN Tambora, Murlan Dameria Pane pada detikcom, Selasa (08/10/2019).

BACA JUGA: Detik-detik Gunung Semeru Kebakaran

Murlan mengatakan, kebakaran terakhir terjadi di wilayah jalur pendakian Piong. Namun api berhasil dipadamkan. Selama terjadi kebakaran petugas berhasil bergerak cepat untuk memadamkan api.

Kebakaran Hutan di Gunung Tambora Terus Terjadi Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)


"Ada kebakaran kemarin di wilayah piong dibawah pos 2, itupun sudah padam. Belakangan ini tidak ada pendaki yang lapor akan mendaki lewat piong maupun doroncanga," jelasnya.

Selama terjadinya kebakaran di musim kemarau 2019 ini, BTN Tambora belum menghitung luas wilayah yang terbakar. Pasalnya mereka fokus memantau lokasi yang rawan terbakar untuk mengantisipasi kebakaran susulan.

"Luasnya belum dikalkulasi keseluruhan, karena kami masih fokus padamkan api dan pemantauan pasca kebakaran siang dan malam. Walaupun saat ini bisa padam, masih terus dipantau, antisipasi bara-bara yang kemarin mungkin masih ada yang belum padam karena kondisi lapangan berbatu-batu," jelasnya.

Kebakaran Hutan di Gunung Tambora Terus Terjadi Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)


Simak Video "Kebakaran Hutan di California"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA