Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Okt 2019 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Antisipasi Karhutla, Petugas Taman Nasional Tambora Siaga 1

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Dompu - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan Gunung Tambora NTB terjadi hampir setiap saat. Petugas taman nasionalnya bergerak cepat.

Terakhir terjadi pada Senin (07/10) kemarin di jalur pendakian piong, tepatnya di pos 2. Beruntung api cepat dipadamkan oleh petugas.

Antisipasi terjadinya kebakaran yang terus menerus, petugas gabungan baik dari BTN, Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api dan TNI Polri terus siaga di lokasi kawasan.

"Petugas BTN Tambora dan masyarakat peduli api dan masyarakat mitra Polhut selalu standby di lapangan lengkap dengan sarana pemadaman Karhutla," ungkap Kepala BTN Tambora, Murlan Dameria Pane, pada detikcom, Selasa (08/10/2019).

Antisipasi Karhutla, Petugas Taman Nasional Tambora Siaga 1 Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)


Diakui Murlan, tahun 2019 ini adalah tahun yang yang panjang musim kemarau atau musim keringnya. Kawasan yang memiliki savana seperti tambora sangat rentan dengan kebakaran karena padang rumput menjadi sangat kering sehingga mudah terbakar, ditambah lagi dengan angin kencang.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Gunung Tambora Terus Terjadi

"Syukur kemarin sempat hujan di daerah Kawinda Toi, mudah-mudahan makin sering hujan. Kemarin juga didukung oleh Kapolres dan Dandim Dompu beserta anggotanya untuk padamkan api baik yang di Taman Nasional maupun lokasi sekitarnya," ujarnya.

"Luas yang terbakar kemarin diperkirakan 20 hektare. Kami masih waspada kebakaran karena masih bulan kering musim panas," tambahnya.

Simak Video "Tolak UU KPK, Mahasiswa Ricuh di Pelantikan DPRD Dompu"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA