Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Okt 2019 08:40 WIB

TRAVEL NEWS

7 Maskapai Paling Bikin Ngeri di Dunia, Ada dari Indonesia

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Trigana Air service (Airlive.net)
Ilustrasi Trigana Air service (Airlive.net)
Jakarta - Dari tahun ke tahun, dunia penerbangan global maupun lokal diwarnai oleh sejumlah kejadian. Tahun 2019, sejumlah maskapai ini dianggap paling bikin ngeri alias berbahaya.

Demi memberikan informasi terbaru tentang standar keamanan di dunia penerbangan, situs AirlineRatings.com secara rutin memberikan info terkini yang terkait. Tren dunia penerbangan tahun 2019 ini memang cukup baik, tanpa adanya kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. Hanya ketika bicara satu dekade terakhir, ada saja tragedi pesawat.

Sehubungan dengan hal tersebut pihak AirlineRatings.com memberikan rating buat maskapai itu terkait aspek keselamatan. Dari data tersebut Forbes.com menyusun daftar soal daftar "The 2019 List Of The Most Dangerous Airlines In The World" yang dilihat detikcom dari situsnya, Selasa (8/10/2019), berikut di antaranya:

1. Tara Air

Daftar Maskapai Terburuk Tahun 2019, Ada dari Indonesia(Youtube)

Dari total tujuh bintang, maskapai Tara Air asal Nepal hanya mendapat akumulasi satu bintang. Di masa lalu, maskapai ini tercatat pernah mengalami kecelakaan fatal tahun 2010 dan 2011 di Pegunungan Himalaya.

2. Nepal Airlines

Dunia aviasi Nepal mencatat delapan kecelakaan pesawat fatal selama delapan tahun belakangan, tak terkecuali dialami oleh maskapai nasional Nepal Airlines.

Telah mengudara sejak tahun 1958, maskapai Nepal Airlines hanya memiliki satu dari total tujuh bintang. Walau terus meningkatkan pelayanan, tapi maskapai ini masih dilarang terbang ke Uni Eropa atas alasan keamanan.

3. Ariana Afghan Airlines

(Facebook)(Facebook)
Sebagai maskapai nasional, Ariana Afghan Airlines hanya memiliki lima armada pesawat saja. Di mana pernah mengalami kecelakaan fatal sebanyak tujuh kali.

4. Bluewing Airlines

Bergeser ke Amerika Latin, tepatnya Suriname, ada Bluewing Airlines yang juga tercatat masuk maskapai terburuk tahun ini. Maskapai ini tercatat kehilangan tiga armadanya yang berupa Antonov An-28 dalam rentang waktu tiga tahun. Pesawatnya pun dilarang terbang ke Eropa hingga negara tetangga.

5. Kam Air

Selain maskapai nasionalnya, maskapai Kam Air yang beroperasi di Afghanistan juga masuk ke daftar maskapai terburuk tahun ini. Pernah mengalami kecelakaan fatal sampai ancaman bom, maskapai ini juga ditolak terbang ke Uni Eropa dan AS.

6. Trigana Air Service

Selain maskapai di negara tetangga, Forbes menyebut bahwa satu bintang dari www.airlineratings.com membuat maskapai Trigana Air yang beroperasi di Papua juga masuk jajaran tersebut. Trigana Air disebutkan pernah mengalami 10 kerusakan dan 14 kecelakaan.

7. SCAT Airlines

Terakhir ada maskapai SCAT Airlines asal Kazakhstan yang masuk ke daftar maskapai terburuk tahun ini. Walau sudah tak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak tahun 2013, tapi maskapai ini belum memiliki sertifikat keamanan yang diakui dunia.

Simak Video "Melihat Eloknya Jakarta dari Lensa Kamera"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA