Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Okt 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Keliling Dunia Pakai Helikopter Mini, Nyaris Tersambar Petir

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: Ilustrasi gyrocopter (iStock)
Foto: Ilustrasi gyrocopter (iStock)
Inggris -
Petualang asal Inggris keliling dunia seorang diri dengan menggunakan pesawat mini gyrocopter. Dalam 6 bulan, ia menyaksikan ragam keindahan dunia walaupun juga sempat hampir kena sambar petir.

James Ketchell, demikian nama pria tersebut. Seperti diberitakan oleh CNN Travel, ia baru saja mendarat di Bandara Hampshire, Inggris dan mendapat sambutan dari para simpatisan yang menyambutnya dengan gembira.

"Saya hampir tersambar petir dan melakukan pendaratan darurat," kata Ketchell, mengisahkan salah satu kejadian dalam petualangannya.




Gycopter, atau juga disebut gyroplane atau autogyro, adalah pesawat terbang kecil mirip helikopter yang ditenagai baling-baling di bagian belakang dan atas; baling-baling vertikal di belakang untuk mendorong maju dan baling-baling utama di bagian atas akan berputar karena dorongan angin untuk membuatnya tetap melayang.

Pesawat yang dikendarai pria berumur 37 tahun ini hanya memiliki jangkauan maksimum kecepatan 70 knot. Itu berarti perjalanannya berhasil ditempuh dengan waktu yang cukup singkat.


Ketchel mengawali petualangannya dengan melintasi daratan Eropa dan Asia, sebelum kemudian melewati Kanada dan Amerika Serikat. Ia terbang di atas Greendland dan Islandia, lalu berhenti untuk terakhir kali di Pulau Faroe, bagian utara Skotlandia.

Panyak pemandangan luar biasa yang dilihat Ketchel saat mengelilingi dunia dengan gyrocopter. Ia berharap aksinya ini dapat menginspirasi banyak orang.




"Ini luar biasa, ini ajaib, saya melihat banyak pemandangan yang luar biasa selama 6 bulan terakhir, ini perasaan yang luar biasa dan saya berharap bahwa saya berhasil mencapai tantangan saya dan menginspirasi banyak orang," kata Ketchell.

Selain mengelilingi dunia dengan gyrocopter, ia juga pernah mendayung melintasi Samudera Atlantik, mendaki gunung Everest, dan bersepeda sejauh 18.000 mil mengelilingi dunia.




Simak Video "Inggris Tutup Kualifikasi Euro dengan Menang Telak 4-0 Atas Kosovo"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA